Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panas dan Menyetrum: 2PM

Kompas.com - 13/11/2011, 02:50 WIB

Boyband asal Korea, 2PM, menggelar konser di JITEC, Mangga Dua Square, Jakarta, Jumat (11/11) malam. Konser bertajuk ”2PM Hands Up Asia Tour in Jakarta 2011” yang digelar oleh Marygops Studios ini menjadi salah satu contoh perhelatan musik yang sangat hidup. Penampil dan sekitar 5.000 penonton sama-sama penuh gairah, penuh energi, berinteraksi dalam musik.

Begitu enam personel 2PM menampakkan bayangan di panggung, gedung pertunjukan yang berada di kompleks perbelanjaan Mangga Dua Square itu seperti meledak dalam jerit. Mereka adalah Junsu, Nickhun, Taecyeon, Wooyoung, Junho, dan Chansung, yang berusia antara 21–23 tahun.

Lagu pembuka ”Hot,” benar-benar membuat panas suasana. Jerit histeris terdengar sepanjang lagu mengalun. Kim Junsu atau Jun K (baca: Jun Kay) yang adalah penulis lagu tersebut berteriak dalam bahasa Inggris. ”Kalian semua tahu, we’re on fire! It’s me Jun K and 2PM...”! Dan, penonton pun menyambut dengan jeritan lebih keras. Bersamaan dengan itu kembang api menyala di kiri kanan panggung.

Dan ketika lagu ”Hands Up” terdengar, lantai sangga atau elevated floor setinggi tiga meter itu terasa sekali bergoyang. Pasalnya, hampir seluruh penonton, yang 90 persen dara-dara belia, berdiri dan melonjak-lonjak di atas kursi.

Tampaknya, hal itu sempat mengkhawatirkan penyelenggara, hingga dari atas panggung, personel 2PM membacakan pesan agar mereka tidak berdiri di tempat duduk. Namun, sampai akhir konser mereka tetap bergembira melonjak-lonjak di atas kursi dan aman-aman saja. Apa boleh buat, pandangan mata ke panggung terhalang karena letak bangku yang terlampau jauh dari panggung dan antusiasme penonton tak bisa dibendung.

Akrobatik, romantik

Kelompok 2PM memenuhi janji yang diucapkan sehari sebelum konser. ”Sangat menyenangkan mengetahui bahwa kami memiliki penggemar di Indonesia, yang juga dekat dengan negara kelahiran saya, Thailand. Kami berjanji akan tampil total di atas panggung besok, kami akan menghibur dan membuat para Hottest histeria,” kata Jicun dalam jumpa pers. Hottest adalah sebutan untuk fans 2PM.

Selain lagu-lagu yang panas ”menyetrum” seperti ”Electricity,” boyband ini juga membawakan lagu lembut dengan latar musik akustik seperti ”I Can’t,” ”My Valentine,” dan ”Only You”. Pada lagu dengan jiwa romantis itu mereka membagi bunga.

Gaya panggung, koreografi, tata lampu, efek suara, dan efek visual dirancang dengan apik dan menyatu dengan jiwa (mood) lagu. Mereka menyuguhkan gerakan panggung yang eksplosif, akrobatik, termasuk aksi bermain pedang.

Namun, mereka bisa sangat lembut dan romantis.

Seperti pada pada lagu ”Back To You” dimana ditampilkan penari perempuan yang mendampingi masing-masing personel. Di pentas, setiap penari latar itu membuka kancing baju para penyanyi. Sebuah aksi panggung yang membuat ruang konser super riuh.

Istilah ”penonton” tampaknya tidak tepat digunakan di sini. Ribuan penggemar alias para Hottest yang hadir malam itu tidak hanya menonton pasif, tapi terlibat secara emosi sebagai bagian dari lagu-lagu 2PM. Mereka menjadi bagian dari konser itu sendiri. Luar biasa. (XAR)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com