Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ASEAN Film Festival Ramaikan KTT

Kompas.com - 15/11/2011, 11:21 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

NSUA DUA, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerja sama dengan beberapa kementerian dan lembaga negara menggelar ASEAN Film Festival (AFF) di Bali, 16-17 November. Perhelatan ini merupakan rangkaian kegiatan ASEAN Fair, sekaligus agenda tambahan diluar Konferensi Tingkat Tinggi .

AFF mengangkat tema ASEAN: The Global Film Connection. AFF diharapkan menjadi ruang yang mampu berkontribusi untuk membangun masyarakat ekonomi ASEAN.

"AFF juga memiliki nilai strategis untuk memupuk dan mengembangkan jaringan industri kreatif, dalam rangka membangun kebersamaan antar negara-negara anggota ASEAN di dalam pengembangan industri kreatif yang saat ini didominasi oleh negara-negara seperti Amerika Serikat, India, Jepang, dan China," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, melalui siaran pers yang diterima Kompas, Selasa (15/11/2011).

Adapun rangkaian perhelatan AFF ini diisi dengan pemutaran 10 film dari masing-masing negara ASEAN. Di Bawah Lindungan Ka'bah menjadi film pilihan yang akan diputar.

Selain mencerminkan sosiokultur Indonesia, film karya Hanny R. Saputra tersebut mewakili Indonesia di seleksi Academy Awards 2011 dalam kategori Film Bahasa Asing Terbaik.

Film-film terbaik negara ASEAN lain yang akan diputar di Studio 21 Galleria, Kuta, Bali di antaranya Eternity karya Pundhevanop Dhewakul yang dinobatkan sebagai Film Terbaik dalam Thailand National Film Awards 2011 dan Emil sebagai Film Terbaik dalam Film Academy of Philipines 2011.

Ada pula Bunohan besutan sutradara Dain Said. Film ini paling banyak diekspor ke mancanegara dan diputar dalam ajang bergengsi dunia, seperti Toronto International Film Festival 2011. Film lain yang akan disuguhkan dalam AFF kali ini adalah Zaw-Ka Ka Nay Thi (Myanmar), Only Love (Laos), Don't Burn (Vietnam), Kiles (Cambodja), Datuk (Brunei), dan Tatsumi (Singapura). 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com