Irfan Hakim: Pelihara Bahasa Indonesia

Kompas.com - 05/12/2011, 07:12 WIB
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Berbahasa Indonesia yang baik dan benar dirasakan pembawa acara Irfan Hakim sebagai hal penting. Apalagi, acara yang dipandunya berbahasa Indonesia.

"Tetapi, berbahasa Indonesia yang baik enggak mesti kaku, saya menyesuaikan kondisi. Dalam acara anak muda, bahasanya mesti disesuaikan, termasuk bahasa alay atau cin-cinan," ujar pria kelahiran Bandung, Jawa Barat, 15 Oktober 1975, seusai memandu acara pembukaan Jambore Nasional Bahasa dan Sastra 2011 yang digelar Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, di Jakarta.

Bahkan, Irfan meminta ketegasan Wakil Mendikbud Bidang Kebudayaan Wiendu Nuryati soal anggapannya bahwa berbahasa Indonesia yang baik itu menyesuaikan kondisi setempat. "Bu Wiendu bilang, bahasa Indonesia enggak mesti selalu baku. Pakai bahasa asing juga sah kalau tempatnya pas. Asal, kita tetap bangga berbahasa Indonesia," ujarnya.

Sebagai orangtua, Irfan mengutamakan penguasaan bahasa Indonesia pada ketiga putrinya. Meskipun banyak pendidikan prasekolah menawarkan bahasa asing, dia memilih yang berbahasa Indonesia."Enggak apa-apa kalau (mereka) telat belajar berbahasa asing. Saya lihat banyak anak SD yang lancar berbahasa Inggris, tetapi tak lancar berbahasa Indonesia. Saya tidak mau begitu. Sedikit-sedikit anak-anak juga saya ajarkan bahasa Sunda," ujarnya.

Irfan berharap suatu saat bahasa Indonesia menjadi salah satu bahasa internasional. "Penduduk Indonesia banyak dan suka jalan-jalan ke beberapa negara," ujarnya. (ELN)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.