Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Breaking Dawn" Masih Berjaya

Kompas.com - 05/12/2011, 09:22 WIB
LOS ANGELES, KOMPAS.com -- The Twilight Saga: Breaking Dawn, Part 1 telah dengan baik mempertahankan keunggulannya sejak tiga pekan sebelumnya, selama masa penayangan Jumat-sampai-Ahad pekan lalu.

Film keempat dalam franchise vampir lawan manusia srigala produksi Summit Entertainment tersebut diproyeksikan meraup 16.9 juta dollar AS dari penjualan tiket di Amerika Serikat dan Kanada. Hasilnya memperlihatkan kemerosotan 59 persen dari akhir pekan sebelumnya, tapi cukup bagus sehingga membuatnya tetap bertahan di posisi puncak derby box office pada masa pasca-Thanksgiving.

Secara keseluruhan, film paling akhir tentang kisah cinta vampir itu telah mengantongi 247,3 juta dollar AS selama tiga pekan, kata studio tersebut. Sebagian penghasilan itu terjadi karena tak ada film unggulan baru yang diluncurkan pada akhir pekan lalu. Penjualan di pasar Amerika Utara diproyeksikan memberi antara 78 juta dan 82 juta dollar AS, yang merupakan akhir paling rendah tahun ini.

Saat ini, penerimaan tahun ini telah berjumlah 93,9 miliar dollar AS, atau turun 3,2 persen dari tahun lalu, kata Boxoffice.com sebagaimana dikutip Xinhua.

Sebagai salah satu peninggalan besar Thanksgiving, The Muppets, reboot dari tayangan kondang televisi 1970-an yang dibintangi boneka yang terasa merakyat karya Jim Henson, juga memperlihatkan kekuatannya untuk bertahan. Film tersebut meraih 11,2 juta dollar AS dari penjualan tiket, cukup untuk membuat film itu untuk memperpanjang posisi Nomor 2 untuk akhir pekan kedua. Film tersebut diproyeksikan meraup 56,1 juta dollar AS selama dua pekan penayangan.

Hugo, film-keluarga pertama Martin Scorsese yang dibuat dalam bentuk 3-D, berada di jalurnya untuk mengumpulkan 7,6 juta dollar AS dari penjualan tiket, dan bertengger di tempat ke-3. Film keluarga itu, yang penayangannya ditambah di 500 lokasi, diperkirakan bakal mengantungi 25,2 juta dollar dari penjualan di 1.840 tempat pada akhir pekan lalu.

Film tersebut dinobatkan sebagai movie of the year oleh National Board of Review of Motion Pictures --kelompok pengeritik yang berpusat di New York pada Kamis (1/12). Scorsese juga dianugrahi oleh para kritikus film itu sebagai sutradara terbaik tahun ini.

Film tersebut, yang diluncurkan Paramount, diadaptasi dari novel karya Brian Selznick, The Invention of Hugo Cabret --yang bercerita tentang seorang bocah lelaki yang tinggal sendirian di satu stasiun kereta di Paris pada 1930-an.

Berikut adalah 10 film paling populer di Amerika Serikat dan Kanada: Arthur Christmas (yang meraup 7.4 juta dollar AS), Happy Feet Two (meraih enam juta dollar), Jack And Jill (mengantungi 5.5 juta dollar), The Descendants (dengan peroleh 5.2 juta dollars, Immortals (4.4 juta dollar), Tower Heist (4.1 juta dollar), dan Puss In Boots (tiga juta dollar AS).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com