Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Denada Menyelam Bareng Kaum Difabel

Kompas.com - 09/12/2011, 07:10 WIB

KARANGASEM, KOMPAS.com -- Setelah lebih kurang 15 tahun menjadi penyelam, baru kali ini penyanyi Denada Elizabeth Anggia Ayu Tambunan (32) menyelam bersama kaum difabel. Ia terkesan melihat kemampuan 10 orang dari mereka di dalam perairan Tulamben, Kabupaten Karangasem, Bali.

"Mereka punya semangat luar biasa. Ada yang baru menyelam sudah bergerak tanpa bantuan instruktur pendampingnya," tutur Denada, yang juga seorang penyelam penyelamat (rescue diver).

Padahal, sebelum terjun ke air, di antara mereka ada yang duduk di kursi roda atau anggota badannya tak lengkap. Penyelaman itu berlangsung Minggu (4/12) dalam acara "Dive and Share" untuk memperingati Hari Penyandang Cacat Internasional pada 3 Desember.

Menurut penyanyi rap tersebut, acara itu diprakarsai Avandy Djunaidi, penyelam yang juga pemilik Bali International Diving Professional. Avandy sudah dua kali mengajar selam untuk para difabel yang tergabung dalam Yayasan Senang Hati Bali. Tujuannya, menggugah para pemangku kepentingan agar menyediakan fasilitas bagi penyandang cacat supaya bisa beraktivitas sama seperti warga normal.

"Ini murni kerja sosial. Salut kepada Pak Avandy bersama instruktur lain yang mengajari mereka secara gratis, sekaligus mengajak mereka menyelam untuk menikmati panorama bawah laut," ujarnya. (TRI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com