Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW Indonesia Perkenalkan Seri 5 Rakitan Lokal

Kompas.com - 14/12/2011, 11:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — BMW Indonesia memperkenalkan Seri-5 rakitan lokal (completely knocked down) di Sunter, Jakarta Utara, Rabu (14/12/2011). Sedan menengah ini menjadi model ketiga yang dirakit di PT Gaya Motor (Grup Astra) setelah Seri 3 dan X1.

Ada dua varian yang disiapkan untuk pasar Indonesia, masing-masing 520i dan 528i, yang keduanya dibekali mesin 4-silinder, 2.0 liter, TwinPower Turbo mengombinasikan turbocharger TwinScroll dengan Valvetronic, double-Vanos, dan injeksi presisi tinggi. Perakitan mulai dilakukan pekan ini dan dipasarkan pada awal Januari 2012.

"Rencana kami di Indonesia meningkatkan produksi dua kali lipat mulai tahun depan dan membawa lebih banyak lagi model untuk CKD," ujar Ramesh Divyanathan, Presdir PT BMW Indonesia, di Sunter.

Setelah dua varian di atas, akan ada tambahan varian 520d berteknologi BMW Advanced Diesel yang mulai dirakit Februari 2012.

Rp 100 miliar

Penambahan kapasitas produksi di PT Gaya Motor membuat BMW Indonesia perlu merogoh kocek tambahan Rp 100 miliar. Dana segar digunakan untuk meremajakan fasilitas jalur perakitan, seperti pemasangan peralatan dan perlengkapan baru, serta perekrutan dan pelatihan staf.

"Pelatihan tim perakitan yang dipimpin oleh 15 orang tenaga ahli dari Jerman sudah dimulai sejak Juli 2011," jelas Josef Wichinger, BMW Groups Plant Representative.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com