Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumedang Berambisi Bangun Kampung Karinding

Kompas.com - 17/12/2011, 20:29 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

SUMEDANG, KOMPAS.com — Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, berencana  membangun Kampung Karinding untuk mempromosikan alat musik dari bambu yang diklaim berasal dari Sumedang. Penganggaran itu bakal dilakukan pada tahun 2012.

Demikian dikemukakan Wakil Bupati Sumedang Taufiq Gunawansyah sewaktu ditemui di Universitas Padjadjaran kampus Jatinangor, Sabtu (17/12/2011). Dia mengungkapkan bahwa Kampung Karinding itu bakal menjadi pusat pelestarian sekaligus tempat untuk menunjukkan perkembangan alat musik tersebut.

"Keinginan kami menjadi pusat seperti Saung Angklung Udjo di Kota Bandung," ujar Taufiq.

Untuk rencana tersebut, Taufiq mengungkapkan bahwa pendanaan baru akan dilaksanakan tahun mendatang. Dia sudah berencana mengangkat wilayah Kecamatan Cimanggung sebagai salah satu daerah asal karinding.

Dia beralasan, karinding lebih dikenal dari Kota Bandung. Pemecahan rekor bermain karinding terbanyak sebanyak 370 orang pada April dilakukan di Kota Bandung, padahal sebagian pemainnya datang dari Sumedang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com