Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayu Azhari: Masakan Bangka Enggak Bikin Gemuk

Kompas.com - 22/12/2011, 15:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Aktris Ayu Azhari terpikat masakan dari wilayah Bangka, yang banyak berbahan dasar ikan dan sayur. Ia lalu mengabadikan masakan itu ke dalam sebuah buku.

Bangka Kuliner, itu judul buku Ayu yang berisi resep-resep masakan Bangka. Bukan tanpa alasan Ayu membuat buku tersebut. Masakan Bangka, menurutnya, tak sedap disantap semata. "Banyak yang tanya, 'Kok Ayu enggak gemuk?' Aku memang suka makanan Bangka, makanya enggak gemuk, karena terbuat dari ikan, segar," ucapnya.

Ayu berharap bukunya bisa diterima oleh publik. "Satu hal yang sederhana, orang pasti suka makan. Makanan Bangka itu bikin orang bersemangat, karena rasanya nano-nano, semua ada rasanya, disukai semua orang. Sekalian bisa dilestarikan," tuturnya.

Istri Mike Tramp, vokalis senior internasional kelahiran Copenhagen (Denmark), ini mengaku juga mencintai alam Bangka. "Keluarga kami memang dari Bangka. Ayah kami dari Bangka, nenek kami dari Pangkal Pinang. Ini bagus untuk masyarakat daerah. Bangka kan alamnya Indah, makanannya juga indah," ucap ibu enam anak ini lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com