Ayu Azhari: Masakan Bangka Enggak Bikin Gemuk

Kompas.com - 22/12/2011, 15:40 WIB
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Aktris Ayu Azhari terpikat masakan dari wilayah Bangka, yang banyak berbahan dasar ikan dan sayur. Ia lalu mengabadikan masakan itu ke dalam sebuah buku.

Bangka Kuliner, itu judul buku Ayu yang berisi resep-resep masakan Bangka. Bukan tanpa alasan Ayu membuat buku tersebut. Masakan Bangka, menurutnya, tak sedap disantap semata. "Banyak yang tanya, 'Kok Ayu enggak gemuk?' Aku memang suka makanan Bangka, makanya enggak gemuk, karena terbuat dari ikan, segar," ucapnya.

Ayu berharap bukunya bisa diterima oleh publik. "Satu hal yang sederhana, orang pasti suka makan. Makanan Bangka itu bikin orang bersemangat, karena rasanya nano-nano, semua ada rasanya, disukai semua orang. Sekalian bisa dilestarikan," tuturnya.

Istri Mike Tramp, vokalis senior internasional kelahiran Copenhagen (Denmark), ini mengaku juga mencintai alam Bangka. "Keluarga kami memang dari Bangka. Ayah kami dari Bangka, nenek kami dari Pangkal Pinang. Ini bagus untuk masyarakat daerah. Bangka kan alamnya Indah, makanannya juga indah," ucap ibu enam anak ini lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.