Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebahagiaan Ganda

Kompas.com - 27/12/2011, 04:08 WIB

Piyu (39) punya kebahagiaan ganda setiap tanggal 25 Desember, yakni menyambut Natal dan merayakan ulang tahun putri bungsunya, Aryanna (5). Dua kebahagiaan itu tak pernah ia lewatkan selama lima tahun terakhir. Sesibuk apa pun, gitaris grup band Padi ini akan menyempatkan diri berkumpul bersama orang-orang tercintanya.

”Kalau sudah tanggal 25 Desember, saya harus bersama keluarga. Seperti Natal ini, saya menyelipkan sehari libur untuk keluarga. Jadi, meskipun di luar kota, saya balik naik pesawat kembali ke Jakarta untuk bertemu anak dan istri,” kata pemilik nama asli Satriyo Yudi Wahono ini.

Saat Natal, keluarga kecil ini pun lebih memilih menghabiskan waktu di rumah, selain pergi ke gereja. Sang istri, Flo, yang jago masak, biasanya akan memasak sendiri untuk menjamu tamu. Flo, puji Piyu, pintar masak.

”Ia hanya butuh waktu dua jam untuk membuat hidangan Natal lengkap untuk orang sekampung,” candanya.

Berkumpul dengan keluarga saat Natal memang sudah menjadi tradisi turun-temurun keluarga Piyu. Saat kecil, ibunya selalu ada menemani Piyu di hari-hari spesial mereka. ”Jadi, sekarang saya menularkan kepada anak-anak kami, mulai dari Anastasia hingga Aryanna,” ujar pria kelahiran Surabaya, 15 Juli 1973, ini.

Kenangan hitam dan putih juga pernah mewarnai Natal Piyu. Sebelum tenar, sekitar tahun 1993, Piyu harus rela melewatkan Natal di tanah perantauan, Jakarta.

Di saat orang-orang lain berkumpul bersama keluarga, pelantun lagu ”Sakit Hati” ini menghabiskan hari dengan bekerja membersihkan bengkel. Ia juga pernah pulang ke Surabaya menggunakan kereta ekonomi, bahkan terpaksa memakan nasi basi. Namun, Piyu—yang kini juga dikenal sebagai produser dan pencipta lagu—tetap merasa senang dan menikmati karena semua dibawa asyik.

Toh, pengorbanannya terbayar. Lima tahun kemudian, bintangnya mulai bersinar. Natal pertama setelah ia mendapatkan kontrak menyanyi, Piyu memborong hadiah Natal untuk para kemenakannya. ”Isinya macam-macam, mulai dari tas, mainan. Pokoknya yang bisa bikin senang keponakan,” kenangnya.

(SIWI YUNITA C)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com