Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mr. MoHatSing, Energi Baru Nugie

Kompas.com - 25/01/2012, 21:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Vokalis Nugie menyadari bahwa bermusik di grup band Mr. MoHatSing yang dibentuknya bersama Leo Maitimu (bas dan vokal), Hendy HS (synthesizer), dan Rama Muktio (drum), bukanlah mencari siapa yang terjago.

Namun, bersama tiga personel Mr.MoHatSing lainnya, Nugie bisa menutupi kekurangannya saat bermain di aliran musik funk. "Akhirnya saya menutupi kekurangan main gitar saya dengan kejagoan Leo dan Rama di rhythm section, dan permainan synthesizer Hendy yang sangat original," ungkap Nugie saat berbincang dengan Kompas.com di kantor redaksi Radio Sonora 92.0 FM, Jakarta, Rabu (25/1/2012).

Sebagai pencipta lirik lagu yang ada di album perdana Mr.MoHatSing, Nugie tak mau menjadi motor penggerak tunggal. "Saat ngerjain ini, kami berempat enggak ada yang mikirnya dua kali. Dan aku enggak mau otaknya cuma ada di aku doang, tapi otaknya ada di kami berempat. Mungkin kalau di band lain bisa ada motornya cuma satu, sedangkan yang lain ikut aja. Tapi di Mr.MoHatSing enggak bisa seperti itu, dicabut satu orangnya enggak akan jadi sesuatu, karena enggak akan kesampaian apa yang akan kami kerjakan," papar Nugie.

Dengan formula dari empat kepala yang sama-sama menginginkan sesuatu yang gres dalam bermusik, Mr.MoHatSing akhirnya menganut musik funk. "Kami berangkatnya sama-sama dari keinginan untuk mencari sesuatu yang baru. Takutnya kalau enggak berevolusi dalam bermusik nanti malah bosan juga, apalagi kami masing-masing sudah mapan di musik dan punya proyek. Satu persatu semua ditantang, dan ternyata ketemunya di funk. Kami semua sepakat, 'Kayaknya funk asik'," jelas Nugie.

Walau warna musiknya dikonsepkan bersama, Nugie mengaku bisa menikmati cara bernyanyi yang belum pernah dicapainya. "Saya sebenarnya berangkat dari musik blues, funk itu mirip-mirik musik blues, dan saya juga menyukai musik dance, funk juga identik dengan musik dance. Ya saya bahagia sekali bisa mendapat kesempatan bernyanyi dengan cara yang berbeda, tidak seperti saat Nugie solo atau di The Dance Company. Saya merasa nyaman, karena nyanyinya bisa sedikit nyeleneh, sangat lepas, dan saya terima kasih banget dapat kesempatan bersama Mr. MohatSing yang dari dulu belum pernah kesampaian," tuntas Nugie.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com