Unyil-Usro Juga Pahlawan

Kompas.com - 04/02/2012, 10:58 WIB
EditorAsep Candra

JAKARTA, KOMPAS.com - Film animasi yang menyerbu Indonesia memang masih didominasi dengan kisah kepahlawanan para super hero. Aditya Prabaswara, mahasiswa tingkat akhir Multimedia University, Cyberjaya Malaysia, yang juga pegiat animasi tak menampik kenyataan bahwa industri televisi dalam negeri dan masyarakat Indonesia masih menyukai tokoh epik luar negeri.

"Memang ini gara-gara kultur, orang Indonesia melihat orang Amerika itu keren banget," kata Aditya dalam wawancara usai mengikuti seminar HelloFest 2012 di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Jumat (3/2/2012) kemarin.

Menurut Aditya, tokoh karakter di Indonesia tak kalah heroiknya. "Seperti Unyil-Usro itu juga pahlawan. Membantu teman juga bersifat kepahlawanannya. Sifatnya alami," ujar Aditya.

Kalau pun Indonesia suatu saat berhasil memproduksi film animasi, menurut Adit, film tersebut tak perlu mengadaptasi film-film animasi luar negeri seperti Gundam, Mazinger Z, atau Samurai X.

"Saya tetap terbuka, tapi menurut saya tidak perlu yang seperti itu, karena bukan kultur kita. Kadang ada cerita simpel, enggak selalu super hero yang epik, tapi menolong sesama teman juga itu super hero," tuntas Aditya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.