Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kultur Pop di Indonesia Bikin Kaget Fred Deakin

Kompas.com - 04/02/2012, 20:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pakar animasi asal Inggris, Fred Deakin begitu terkejut menyaksikan antusias pengunjung HelloFest 8 Anima Expo yang membludak di Balai Kartini, Jakarta, Sabtu (4/2/2012). Menurut. Deakin, kultur pop di Indonesia tak pernah didapat di negara asalnya.

"Sebelumnya Wahyu (Founder HelloMotion, Wahyu Aditya) sudah menunjukan festival yang mirip tapi tidak seperti di Inggris, mungkin karena orang Inggris terlalu konservatif," jelas Deakin.

Deakin menilai, masyarakat Inggris bisa belajar banyak dari kultur pop yang digandrungi di Indonesia. Setidaknya pola konservatif itu bisa berubah. "Jadi kalau mereka (orang-orang Inggris) ke Indonesia mungkin akan merubah pola pikir mereka," kata Deakin.

Dengan kesuksesan HelloFest yang digelar HelloMotion untuk kedelapan kalinya ini, Deakin berharap kelak festival KostuMasa dan animasi tahunan ini suatu saat bisa menjajal Inggris.

"Saya yakin setelah ada kesuksesan HalloFest tahun ini akan ada kemajuan ke depannya. Mungkin tak ada salahnya suatu saat digelar di Inggris," harap Deakin.

Fred Deakin adalah pakar kultur pop dari Inggris yang secara khusus datang ke Jakarta untuk memberikan workshop berbagi strategi komersialisasi produk animasi dan motion graphics. Di negaranya, Fred Deakin dikenal sebagai seorang yang multitalenta.

Selain dikenal sebagai pakar kultur pop, Fred juga dikenal sebagai seorang DJ dan pendiri Airside Atudio. Airside adalah studio desain grafis, ilustrasi, digital, serta interactive and moving image yang sudah memenangkan berbagai penghargaan di Inggris. Klien-kliennya mencakup Panasonic, Nokia, BBC, and Virgin Atlantic.

Fred Deakin ini juga salah satu personel dari band elektronik Lemon Jelly, yang sudah dapat beberapa nominasi di Mercury & Brits Awards. Band ini termasuk salah satu yang berperan signifikan dalam meramaikan industri pop music culture di Inggris.

Sebagai pelaku industri kreatif dan pop culture, Fred Deakin sudah membagi pengalamannya di berbagai presentasi dan kuliah umum, serta menjadi chairman di berbagai kegiatan konferensi dan institusi seni, seperti TED, V&A, onedotzero, Design Museum, London Business School, London College of Communication and Royal College of Art, London.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com