Kultur Pop di Indonesia Bikin Kaget Fred Deakin

Kompas.com - 04/02/2012, 20:31 WIB
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com - Pakar animasi asal Inggris, Fred Deakin begitu terkejut menyaksikan antusias pengunjung HelloFest 8 Anima Expo yang membludak di Balai Kartini, Jakarta, Sabtu (4/2/2012). Menurut. Deakin, kultur pop di Indonesia tak pernah didapat di negara asalnya.

"Sebelumnya Wahyu (Founder HelloMotion, Wahyu Aditya) sudah menunjukan festival yang mirip tapi tidak seperti di Inggris, mungkin karena orang Inggris terlalu konservatif," jelas Deakin.

Deakin menilai, masyarakat Inggris bisa belajar banyak dari kultur pop yang digandrungi di Indonesia. Setidaknya pola konservatif itu bisa berubah. "Jadi kalau mereka (orang-orang Inggris) ke Indonesia mungkin akan merubah pola pikir mereka," kata Deakin.

Dengan kesuksesan HelloFest yang digelar HelloMotion untuk kedelapan kalinya ini, Deakin berharap kelak festival KostuMasa dan animasi tahunan ini suatu saat bisa menjajal Inggris.

"Saya yakin setelah ada kesuksesan HalloFest tahun ini akan ada kemajuan ke depannya. Mungkin tak ada salahnya suatu saat digelar di Inggris," harap Deakin.

Fred Deakin adalah pakar kultur pop dari Inggris yang secara khusus datang ke Jakarta untuk memberikan workshop berbagi strategi komersialisasi produk animasi dan motion graphics. Di negaranya, Fred Deakin dikenal sebagai seorang yang multitalenta.

Selain dikenal sebagai pakar kultur pop, Fred juga dikenal sebagai seorang DJ dan pendiri Airside Atudio. Airside adalah studio desain grafis, ilustrasi, digital, serta interactive and moving image yang sudah memenangkan berbagai penghargaan di Inggris. Klien-kliennya mencakup Panasonic, Nokia, BBC, and Virgin Atlantic.

Fred Deakin ini juga salah satu personel dari band elektronik Lemon Jelly, yang sudah dapat beberapa nominasi di Mercury & Brits Awards. Band ini termasuk salah satu yang berperan signifikan dalam meramaikan industri pop music culture di Inggris.

Sebagai pelaku industri kreatif dan pop culture, Fred Deakin sudah membagi pengalamannya di berbagai presentasi dan kuliah umum, serta menjadi chairman di berbagai kegiatan konferensi dan institusi seni, seperti TED, V&A, onedotzero, Design Museum, London Business School, London College of Communication and Royal College of Art, London.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

     

    Konten pilihan untukmu

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.