Habiskan Rp 15 Juta untuk Cosplay, Apa yang Dicari?

Kompas.com - 04/02/2012, 20:56 WIB
EditorTri Wahono

JAKARTA,KOMPAS.com - Tidak sedikit biaya untuk membuat costume play (cosplay). Seorang peserta Hellofest 8 Anima Expo di Balai Kartini, Jakarta, Sabtu (4/2/2012) sampai rela merogoh kocek hingga Rp 15 juta hanya untuk mendesain kostum idola dan ikut lomba KostuMasa. Padahal hadiah yang disediakan hanya Rp 1 juta. Apa sebenarnya yang mereka cari?

Menurut Presiden Direktur HelloMotion Wahyu Aditya hal tersebut merupakan hal yang lumrah. "Mereka hanya ingin menghibur orang dan mencoba mengekspresikan jiwa mereka dengan kostum yang dibuatnya, meski ongkos yang dikeluarkan lebih besar dibanding hadiah yang akan didapatkan," kata Wahyu di ajang Hellofest.

Bagi penggemar cosplay atau KostuMasa (massa yang menggunakan kostum), apapun akan dilakukan untuk mendapatkan kepuasan menunjukkan kostum yang dibuatnya. Apalagi anak remaja yang suka dengan cosplay ini rata-rata suka mendesain kostumnya sendiri.

Di sisi tren, rata-rata penggemar cosplay kini cenderung memiliki imajinasi sendiri terkait tokoh idolanya. Malah kostum yang dipakai cenderung tidak sama dengan karakter yang ada di anime, film animasi, manga (komik Jepang), atau tokoh-tokoh yang ada. "Biasanya mereka akan berkreasi sendiri dan bukan membeli kostum. Itu akan menjadi kepuasan sendiri bagi mereka," jelasnya.

Bahkan di ajang Hellofest ini, panitia kewalahan untuk menampung jumlah peserta cosplay yang masuk. Jumlah peserta membludak hingga 1.100 peserta hanya dalam tempo tiga waktu pengumuman. Dari lokasi, peserta juga tidak hanya datang dari Jabodetabek. Menurut Wahyu, ada rombongan dari Malang yang menyewa satu bis khusus untuk bisa ikut dalam kompetisi ini. Malah ada peserta dari Kalimantan, Papua, Malaysia, hingga Singapura.

"Itu sebuah kebanggan bagi kami terkait antusiasme peserta cosplay di tahun ini," katanya.

Kendati demikian, budaya cosplay memang masih meniru dari tokoh-tokoh komik di Jepang maupun Amerika Serikat. Masih minim penggemar cosplay untuk membuat kostum ala tokoh-tokoh Indonesia. Tapi, panitia pun juga tidak kalah cerdik. Tahun ini Hellofest juga menggelar penghargaan khusus "Indonesia Banget Award" untuk penggemar cosplay yang memakai kostum ala tokoh Indonesia.

"Mudah-mudahan bisa memasyarakatkan budaya cosplay di Tanah Air," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

     

    Konten pilihan untukmu

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.