Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pandji Pragiwaksono: Kanye West dan Jay-Z Bukan Hanya Mengagumkan

Kompas.com - 08/02/2012, 15:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Kolaborasi dua rapper besar asal AS, Kanye West dan Jay-Z, untuk lagu "Otis", menurut penyanyi rap yang juga presenter Pandji Pragiwaksono akan membawa keberhasilan dalam Grammy Awards 2012 untuk untuk kategori Best Rap Performance.

Dalam kategori yang sama, Chris Brown, Lil Wayne bersama Busta Rhymes ("Look At Me Now"), Lupe Fiasco ("The Show Goes  On"), Nicki Minaj dengan Drake ("Moment 4 Life"), dan Wiz Khalifa ("Black and Yellow") akan menjadi pesaing Jay-Z dan West. Namun, Pandji memiliki alasan untuk menjagokan duo rapper tersebut.

"Saya memilih Jay-Z dan Kanye West degan (lagu) 'Otis'. Kolaborasi Jay-Z dan Kanye West bukan hanya secara nama terlihat mengagumkan. Kedua rapper yang disebut banyak orang sebagai yang terbaik di dunia itu bergabung dalam kolaborasi album utuh. Tapi, juga karena secara konseptual, album Watch the Throne sangat unik dan karenanya jumlah yang menyukai dan tidak menyukai album tersebut cukup rata," tulis Pandji dalam BlackBerry Messenger yang dikirimnya kepada Kompas.com, di Jakarta, Rabu (8/2/2012).

Sifat idealis dan subyektif dalam karya Jay-Z dan West, menurut Pandji, menjadi daya tarik untuk dinilai dalam Grammy Awards ke-54, yang akan digelar di Staples Center, Los Angeles (California, AS), 12 Februari 2012 waktu setempat. "Mereka tidak berniat untuk 'jualan' album, mereka berniat untuk berkarya, dan, karenanya, sangat subyektif. Subyektivitas itulah yang membuatnya menarik," kata Pandji. "'Otis' sendiri adalah sebuah lagu yang mengambil sampling dari lagu Otis Redding. Ketika single ini keluar, para penikmat musik sudah mulai bergumam 'Okay, albumnya kayaknya akan seru nih'," sambungnya.

Tapi, bukan Grammy Awards namanya jika tak ada persaingan ketat. Dalam kategori Best Rap Performance, vokalis Wiz Khalifa dengan lagu "Black and Yellow", yang cukup fenomenal, diprediksi oleh Pandji akan menjadi pesaing utama Jay-Z dan West. "Saya prediksi persaingan Wiz dan Jay-Z plus Kanye akan seru," imbuhnya.

Secara keseluruhan, West--baik dengan karya atas namanya sendiri maupun bersama sejumlah artis musik lain--menjadi peraih nominasi terbanyak dalam Grammy Awards 2012. Ia menjadi nomine untuk kategori-kategori Song of the Year ("All of the Lights"), Best Rap Performance ("Otis"), Best Rap Album (untuk dua album, Watch the Throne dan My Beautiful Dark Twisted Fantasy), Best Rap/Sung Collaboration ("All of the Lights"), dan Best Rap Song (untuk dua lagu, "Otis" dan "All of the Lights").

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com