Glenn Fredly: Bubi Chen "Founding Father" Musik Jazz Indonesia

Kompas.com - 16/02/2012, 22:24 WIB
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com — Glenn Fredly mengaku merasa kehilangan yang mendalam atas meninggalnya musisi jazz Bubi Chen. Ia kaget mendengar berita ini karena Bubi Chen adalah sosok yang memengaruhi karier musiknya.

"Bubi Chen adalah founding father musik jazz di Indonesia. Beliau yang membukakan jalan bagi perkembangan musik jazz di Indonesia," ujar Glenn saat ditemui Kompas.com di Bentara Budaya Jakarta, Kamis (16/2/2012).

Glenn mengagumi sosok Bubi Chen sejak SMA kelas II dan mengikuti klub jazz di Panglima Polim, Jakarta Selatan. Di situlah pertama kalinya Glenn mengenal Bubi Chen secara pribadi.

"Orangnya enggak pernah mau terlihat susah, sangat humoris, dan gayanya selalu steady," kenang Glenn.

Dalam kondisi sakit pun Bubi Chen masih terus bermain musik. Dedikasi yang tinggi dalam dunia musik inilah yang menginspirasi Glenn.

Selain itu, menurutnya, Bubi Chen adalah sosok musisi yang tidak pernah membeda-bedakan kemampuan orang lain. Bubi Chen selalu merangkul generasi muda untuk ikut berkarya bersamanya. Bubi Chen selalu memberi ruang bagi generasi muda. Untuk itulah sosok Bubi Chen begitu lekat di hati Glenn dan sangat memengaruhi kehidupan bermusiknya.

"Saya punya satu CD kompilasi kolaborasi almarhum dengan Indra Lesmana dan musisi lainnya. CD itu akan saya putar terus dan akan jadi kenangan tak terlupakan," ungkap Glenn.

Untuk mengenang sosok Bubi Chen, Glenn akan mengajukan kepada teman-teman musisi untuk membuat "Tribute to Bubi Chen" di acara Java Jazz Festival yang akan segera digelar di Jakarta. "Saya pasti akan membuat tribute," tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

     

    Konten pilihan untukmu

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.