Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Glenn Fredly: Bubi Chen "Founding Father" Musik Jazz Indonesia

Kompas.com - 16/02/2012, 22:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Glenn Fredly mengaku merasa kehilangan yang mendalam atas meninggalnya musisi jazz Bubi Chen. Ia kaget mendengar berita ini karena Bubi Chen adalah sosok yang memengaruhi karier musiknya.

"Bubi Chen adalah founding father musik jazz di Indonesia. Beliau yang membukakan jalan bagi perkembangan musik jazz di Indonesia," ujar Glenn saat ditemui Kompas.com di Bentara Budaya Jakarta, Kamis (16/2/2012).

Glenn mengagumi sosok Bubi Chen sejak SMA kelas II dan mengikuti klub jazz di Panglima Polim, Jakarta Selatan. Di situlah pertama kalinya Glenn mengenal Bubi Chen secara pribadi.

"Orangnya enggak pernah mau terlihat susah, sangat humoris, dan gayanya selalu steady," kenang Glenn.

Dalam kondisi sakit pun Bubi Chen masih terus bermain musik. Dedikasi yang tinggi dalam dunia musik inilah yang menginspirasi Glenn.

Selain itu, menurutnya, Bubi Chen adalah sosok musisi yang tidak pernah membeda-bedakan kemampuan orang lain. Bubi Chen selalu merangkul generasi muda untuk ikut berkarya bersamanya. Bubi Chen selalu memberi ruang bagi generasi muda. Untuk itulah sosok Bubi Chen begitu lekat di hati Glenn dan sangat memengaruhi kehidupan bermusiknya.

"Saya punya satu CD kompilasi kolaborasi almarhum dengan Indra Lesmana dan musisi lainnya. CD itu akan saya putar terus dan akan jadi kenangan tak terlupakan," ungkap Glenn.

Untuk mengenang sosok Bubi Chen, Glenn akan mengajukan kepada teman-teman musisi untuk membuat "Tribute to Bubi Chen" di acara Java Jazz Festival yang akan segera digelar di Jakarta. "Saya pasti akan membuat tribute," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com