Donny Alamsyah: Pesantren Bukan Tempat Teroris

Kompas.com - 17/02/2012, 10:15 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada pengalaman baru yang dirasakan aktor Donny Alamsyah (33) saat menjalani shooting film Negeri 5 Menara di Pondok Pesantren Gontor, Jawa Timur. Donny pun mengaku kaget karena para santri yang mondok punya disiplin yang luar biasa.

"Di sana melihat pesantren ketat banget, disiplinnya hebat, tidur di jam yang sama setiap hari, bagun juga, bahkan sekolah juga. Padahal gue orangnya enggak suka dibatas-batasin gitu kan," ujarnya saat ditemui di Pasific Place, Jakarta, Kamis (16/2/2012) malam.

Tapi Donny perlahan mulai beradaptasi. Aktor yang melejit namanya sejak film layar lebar 9 Naga ini menilai sistem pendidikan di Gontor amat bagus untuk diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari. Bukan hanya terpaku pada ilmu agama, tapi juga disiplin ilmu lainnya dan bagaimana aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.

Makanya ia pun tak setuju apabila belakangan pesantren identik dengan kekerasan. Baginya lewat film Negeri 5 Menara sendiri sudah mengajarkan bagaimana hidup bersama tanpa memandang keberagaman yang ada.

"Enggaklah, pesantren bukan tentang teroris. Santri belajar tentang Islam. Seorang muslim harus manfaat, sementara teroris kerjanya hanya merusak, jauh dari Islam. Negeri 5 Menara sendiri sudah mengajarkan banyak hal kepada saya," tegasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.