Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Donny Alamsyah: Pesantren Bukan Tempat Teroris

Kompas.com - 17/02/2012, 10:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada pengalaman baru yang dirasakan aktor Donny Alamsyah (33) saat menjalani shooting film Negeri 5 Menara di Pondok Pesantren Gontor, Jawa Timur. Donny pun mengaku kaget karena para santri yang mondok punya disiplin yang luar biasa.

"Di sana melihat pesantren ketat banget, disiplinnya hebat, tidur di jam yang sama setiap hari, bagun juga, bahkan sekolah juga. Padahal gue orangnya enggak suka dibatas-batasin gitu kan," ujarnya saat ditemui di Pasific Place, Jakarta, Kamis (16/2/2012) malam.

Tapi Donny perlahan mulai beradaptasi. Aktor yang melejit namanya sejak film layar lebar 9 Naga ini menilai sistem pendidikan di Gontor amat bagus untuk diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari. Bukan hanya terpaku pada ilmu agama, tapi juga disiplin ilmu lainnya dan bagaimana aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.

Makanya ia pun tak setuju apabila belakangan pesantren identik dengan kekerasan. Baginya lewat film Negeri 5 Menara sendiri sudah mengajarkan bagaimana hidup bersama tanpa memandang keberagaman yang ada.

"Enggaklah, pesantren bukan tentang teroris. Santri belajar tentang Islam. Seorang muslim harus manfaat, sementara teroris kerjanya hanya merusak, jauh dari Islam. Negeri 5 Menara sendiri sudah mengajarkan banyak hal kepada saya," tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com