Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"The Artist" Bikin Presiden Perancis Bangga

Kompas.com - 28/02/2012, 07:30 WIB

PARIS, KOMPAS.com -- Presiden Perancis Nicolas Sarkozy memberikan ucapan selamat kepada aktor Jean Dujardin dan sutradara Michel Hazanavicius untuk kesuksesan besar film The Artist di ajang Academy Awards 2012.  The Artist meraih lima penghargaan di kategori bergengsi, termasuk Best Picture.

Film ini dinyatakan sebagai yang terbaik setelah menyisihkan film unggulan lainnya, yakni  The Descendants, Extremely Loud and Incredibly Close, The Help, Hugo, Midnight in Paris, Moneyball, The Tree of Life dan  War Horse.

Dalam pidatonya, Senin (27/2/2012) waktu Perancis, Sarkozy mengatakan, "Ini menunjukkan vitalitas yang luar biasa dari bioskop kita, dan keberhasilan kebijakan kami mendukung keunggulan dari industri Perancis."

Di kategori lainnya Dujardin berhasil menggenggam penghargaan Oscar untuk kategori Aktor Terbaik. Sementara Hazanavicius, dengan bangga membawa pulang Oscar setelah didapuk memenangkan kategori Sutradara Terbaik. The Artist menjadi film bisu pertama yang memenangi Oscar sejak Perang Dunia I. Pada awal penyelenggaraan Academy Awards, film bisu yang berhasil memenangi Oscar adalah film  Wings yang dinobatkan sebagai Film Terbaik di tahun 1929.            

Sedangkan Dujardin, menjadi orang Perancis pertama yang memenangkan Oscar dengan kesuksesan aktingnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com