Norman Akyuwen: Melawan Korupsi Lewat Film

Kompas.com - 29/02/2012, 06:39 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan
JAKARTA, KOMPAS.com -- Pemain film Norman Rivianto Akyuwen (37) senang dengan respons para penonton film Kita Versus Korupsi di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (27/2/2012). Pemutaran empat film pendek berdurasi 1,5 jam itu diakhiri aplaus panjang hadirin.

”Meskipun temanya sederhana, ternyata lebih ’kena’ di hati penonton. Semoga saja film ini perlahan-lahan efektif menumbuhkan budaya antikorupsi,” ungkap Norman.

Dalam film yang diprakarsai Komisi Pemberantasan Korupsi dan Transparency International Indonesia itu, Norman berperan sebagai calo di kantor urusan agama. Pria berdarah Maluku itu menawarkan jalan pintas pengurusan surat nikah kepada calon pengantin yang diperankan Nicholas Saputra dan Revalina S Temat dalam film pendek berjudul Aku Padamu.

Kita Versus Korupsi bukanlah proyek film antikorupsi yang pertama bagi Norman. Tahun lalu, ia terlibat dalam pembuatan delapan episode film antikorupsi yang didukung sebuah yayasan dari Inggris.

”Waktu itu, temanya lebih pada praktik korupsi di berbagai institusi pemerintah,” kata Norman yang telah bermain di banyak film, seperti Novel Tanpa Huruf R, Romeo & Juliet, Identitas, dan Batas. (RIZ)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.