Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Norman Akyuwen: Melawan Korupsi Lewat Film

Kompas.com - 29/02/2012, 06:39 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Pemain film Norman Rivianto Akyuwen (37) senang dengan respons para penonton film Kita Versus Korupsi di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (27/2/2012). Pemutaran empat film pendek berdurasi 1,5 jam itu diakhiri aplaus panjang hadirin.

”Meskipun temanya sederhana, ternyata lebih ’kena’ di hati penonton. Semoga saja film ini perlahan-lahan efektif menumbuhkan budaya antikorupsi,” ungkap Norman.

Dalam film yang diprakarsai Komisi Pemberantasan Korupsi dan Transparency International Indonesia itu, Norman berperan sebagai calo di kantor urusan agama. Pria berdarah Maluku itu menawarkan jalan pintas pengurusan surat nikah kepada calon pengantin yang diperankan Nicholas Saputra dan Revalina S Temat dalam film pendek berjudul Aku Padamu.

Kita Versus Korupsi bukanlah proyek film antikorupsi yang pertama bagi Norman. Tahun lalu, ia terlibat dalam pembuatan delapan episode film antikorupsi yang didukung sebuah yayasan dari Inggris.

”Waktu itu, temanya lebih pada praktik korupsi di berbagai institusi pemerintah,” kata Norman yang telah bermain di banyak film, seperti Novel Tanpa Huruf R, Romeo & Juliet, Identitas, dan Batas. (RIZ)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com