Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasangan Hendardji-Riza Lakukan Verifikasi Internal

Kompas.com - 02/03/2012, 14:06 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim sukses pasangan Hendardji Soepandji dan Ahmad Riza Patria mengaku pihaknya telah melakukan proses verifikasi internal dalam pengumpulan dukungan KTP.

"Proses tersebut dilakukan untuk mengurangi potensi kesalahan kolektor," kata Ketua Pengumpulan Dukungan Pasangan Hendardji Supandji-Achmad Riza Patria, Dadiek Surarto, ketika dihubungi, Jumat (2/3/2012).

Menanggapi informasi dari Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) DKI Jakarta yang mengatakan bahwa sebanyak 50 persen dukungan gugur saat verifikasi, pihaknya menampik kemungkinan tersebut.

Sementara terkait dengan isu adanyan calo KTP dalam pengumpulan dukungan, Dadiek menampik tuduhan tersebut. Ia menjelaskan bahwa dukungan yang dikumpulkan ini berasal dari jaringan yang telah dibangun dan tidak spontan saja mengumpulkan.

"Ada jaringan yang dibentuk dari tingkat kelurahan hingga ke tingkat wilayah yang lebih tinggi," ujar Dadiek. Pengumpulan dukungan ini, lanjutnya, memakan waktu selama sembilan bulan hingga akhirnya memenuhi target minimal yang ditentukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta. "Dan dukungan ini kami peroleh bukan hasil pembelian dukungan melalui broker atau calo," tegasnya.

Ia menambahkan bahwa pihak sudah bertemu dengan Panwaslu dan melihat data yang belum lama ini diumumkan, termasuk dukungan yang dianggap tidak sah. Kendati demikian, data-data yang ditampilkan oleh Panwaslu tersebut sifatnya belum final.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com