Rhoma Irama: Koplo Bukan Dangdut

Kompas.com - 04/03/2012, 19:25 WIB
EditorHertanto Soebijoto

SURABAYA, KOMPAS.com - Ketua Umum Persatuan Artis Musik Melayu Dangdut Indonesia (PAMMI), Rhoma Irama menegaskan bahwa musik koplo bukanlah musik dangdut. Dia meminta masyarakat tidak menyamakan musik dangdut dengan koplo. Raja Dangdut ini mengakui, bahwa saat ini musik koplo sangat identik dengan musik dangdut.

''Dangdut ya dangdut, koplo ya koplo, jangan menyebut dangdut koplo,'' katanya usai Munas PAMMI ke-3 di Surabaya, Minggu (4/3/2012) sore.

Musik koplo, kata Rhoma, sudah menyimpang dari pakem musik dangdut. Koplo sudah menciptakan genre musik baru, karena itu istilah koplo harus dihilangkan dari istilah musik dangdut. Musik koplo, kata dia, identik dengan goyang eksotis yang merusak moral bangsa.

''Kami ingin mengubah stigma musik dangdut yang selama ini dikenal jorok karena istilah koplo yang menumpang dan menjadi benalu di belakang nama musik dangdut,'' kata Rhoma.

Dia hanya ingin menanamkan nilai kesopanan dalam bermusik, baik dari segi busana maupun goyangan. ''Musik dangdut memang identik dengan goyangan, tapi goyangan yang memenuhi nilai-nilai estetika koreografis,'' kata Rhoma.

Karena itu, instruksi awalnya kepada semua DPD PAMMI semenjak dia terpilih kembali untuk lima tahun ke depan adalah, membina semua anggota PAMMI dalam hal berbusana dan bergoyang dalam menyanyikan musik dangdut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.