Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terus Menulis

Kompas.com - 06/03/2012, 03:15 WIB

Selagi daya ingat masih kuat, novelis Nh Dini bertekad terus menulis hingga akhir hayat. Karena itu, setiap tahun selalu ada novel baru yang ditulisnya. Saat merayakan ulang tahunnya yang ke-76 pada 29 Februari, misalnya, dia meluncurkan karya terbarunya.

”Selagi masih ingat, saya tuangkan semuanya karena ini penting bagi saya,” ungkap penulis Pada Sebuah Kapal ini.

Pemilik nama asli Nurhayati Sri Hardini ini meluncurkan novel Dari Rue Saint Simon ke Jalan Lembang di Toko Buku Gramedia, Jalan Pemuda, Semarang, Jawa Tengah. Novel itu berkisah tentang sebagian perjalanan hidupnya di Perancis hingga kembali ke Tanah Air.

Kendati dibantu dengan tongkat, ia tangkas menjawab pertanyaan hadirin. Soal teknik menulis, misalnya, katanya, ”Kalau menulis, harus dibaca ulang, direka ulang, dan disunting.”

Masalah yang kini dihadapi Nh Dini adalah tempat tinggalnya. Rumah yang dibangun mantan Gubernur Jawat Tengah Mardiyanto itu kini tidak nyaman lagi baginya karena kondisinya sudah banyak yang rusak.

Oleh karena itu, ketika ada tawaran dari temannya untuk tinggal di Bandung, Jawa Barat, perempuan kelahiran Semarang ini mengaku memikirkan tawaran tersebut. Hal itu mengingat usianya yang kini mendekati 80 tahun. ”Ini kegelisahan saya. Saya ingin rumah yang tenang, ditemani seorang teman,” ujarnya. (son)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com