Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Addie MS: Mau Bagi Ilmu, Dikira Minta Sumbangan

Kompas.com - 12/03/2012, 12:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Niat baik tak selamanya disambut baik. Hal itu pernah dialami oleh pemusik Addie MS.

Niat pemimpin Twilite Orchestra ini untuk membagi ilmu dan wawasannya mengenai musik orkestra kepada para siswa sekolah dasar pernah malah disambut tak ramah oleh pihak sebuah sekolah. "Saat itu, saya ini dikira mau cari sumbangan. Saya sama sekali enggak minta bayaran, lho. Saya enggak jualan sekolah musik. Saya hanya mau berbagi saja tanpa bayaran," ceritanya ketika diwawancara dalam kegiatan The Magical Journey di SD Al-Izhar, Pondok Labu, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Kejadian itu, kata Addie, dialaminya pada 1998. Addie memang selalu ingin menularkan ilmu dan wawasannya tentang musik kepada masyarakat. Menurut Addie, musik mengajarkan banyak hal selain keahlian memainkan alat tertentu. Menurutnya pula, melalui musik anak bisa memahami bahwa perbedaan bukanlah sesuatu yang menjadi sumber masalah, melainkan sesuatu yang indah. "Musik adalah simbol persatuan dan kebersamaan dalam perbedaan. Di dalam musik juga terselip makna disiplin dan komitmen yang erat," paparnya.

Meski sempat mengalami penolakan, ayah dari  Kevin "Vierra" Aprilio dan Tristan Juliano ini tak menyerah. Terbukti, kini sudah banyak anak menekuni musik orkestra berkat arahannya. Namun, suami penyanyi Memes ini mengaku belum puas membagi ilmu dan wawasan bermusiknya. "Saya tidak pernah cukup puas. Sampai saat ini terus on going. Ilmu ini harus dibagikan ke orang lain. Sampai kapan pun, saya tidak akan pernah lelah berbagi ilmu ini kepada orang lain," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com