Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Album Karinding Pertama di Dunia Diluncurkan

Kompas.com - 13/03/2012, 23:15 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Album berjudul Gerbang Kerajaan Serigala yang diluncurkan di Teater Tertutup Taman Budaya Jawa Barat, Selasa (13/3/2012), menjadi album pertama di dunia yang mengusung karinding sebagai instrumen utama dengan balutan musik heavy metal. Karinding merupakan alat musik yang akrab pada masyarakat Jawa Barat zaman dulu.

Peluncuran album perdana grup musik Karinding Attack itu juga sekaligus menandai ulang tahun ketiganya sejak berdiri pada 12 Maret 2009.

Tampil lebih dari 1,5 jam, Karinding Attack membawakan semua lagu yang ada dalam album perdana mereka. Beberapa di antaranya adalah "Nu Ngora Nu Nyekel Kontrol", "Dadangos Bagong", "Wasit Kehed", serta lagu andalan mereka, "Gerbang Kerajaan Serigala".

"Lagu 'Gerbang Kerajaan Serigala' menempatkan kita di pintu gerbang, menyaksikan para serigala berebut kekuasaan dan kursi," ujar Man Jasad, yang memiliki nama lengkap Muhammad Rohman.

Artis pendukung juga tampil dalam konser perdana ini, yakni Trie Utami dan Risa Saraswati.

Dengan penyusutan minat, para personel Karinding Attack berniat mengemas ulang alat musik tersebut agar tetap menjadi kontemporer dan bisa dikolaborasi dengan genre lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com