Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hendardji: Jujur, Itu Prinsip Saya

Kompas.com - 14/03/2012, 16:43 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanggapi hasil pengumuman verifikasi faktual oleh Komisi Pemilihan Umum Provinsi (KPUP) DKI Jakarta 12 Maret 2012 lalu, Hendardji Soepandji, salah satu bakal calon Gubernur DKI jalur independen mengungkapkan rasa syukurnya. Ia yang berpasangan dengan Ahmad Riza Patria mengungkapkan rasa syukur atas keberhasilan relawannya mengumpulkan dukungan hingga berhasil lolos 392.501 dukungan.

"Saya tetap dalam prinsip hidup untuk selalu bersyukur dan ikhlas, jujur itu prinsip saya," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Rabu (14/3/2012).

Jumlah dukungan yang lolos dari 579.719 KTP tersebut diakuinya sekaligus menjawab tudingan sejumlah pihak yang mengeneralisasi seolah olah semua KTP calon Independen bermasalah. "Kalau dilihat dari hitungan matematika kekurangan saya 14.839, maka jumlah kekurangan ini jauh lebih kecil dibanding milik calon lain dan itu berarti KTP bermasalah yang selama ini digembar-gemborkan sejumlah pihak, jelas bukan KTP dukungan milik saya," ujarnya.

Untuk menutupi kekurangan dukungan, pria yang juga menjabat sebagai komisaris utama perusahaan kelapa sawit di Kalimantan Barat, PT Cahaya Kalbar Tbk (Wilmar International Group) tersebut mengungkapkan telah memberdayakan sekitar 300-an relawan di lapangan.

"Ya yakin donk, nanti kami serahkan ke KPU," katanya.

Hendardji optimis lolos dalam proses verifikasi karena selama ini, dia mendapatkan dukungan menggunakan cara yang jujur. "Sikap jujur ini pula yang akan saya bawa dalam hidup berpolitik selama masa pendaftaran, masa kampanye sampai kelak insya Allah terpilih jadi Gubernur DKI," katanya.

Hingga Rabu sore, pasangan independen yang telah mendaftarkan diri untuk maju dalam Pilkada 2012, baru pasangan Faisal Basri dan Biem Benjamin. Sementara pasangan Hendardji Soepandji dan Ahmad Riza Patria direncanakan akan mendaftarkan diri pada Jumat, (16/3/2012) mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com