Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Slank Bikin Kejutan untuk Pondok Pesantren

Kompas.com - 17/03/2012, 19:14 WIB

PROBOLINGGO, KOMPAS.com -- Ratusan santri Pondok Pesantren Darullughah Walkaromah, Sidomukti, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu (17/3/2012) dikejutkan oleh kedatangan Slank, salah satu band ternama Tanah Air. Kunjungan Slank ke pesantren yang diasuh oleh KH Amir Mahmud itu disambut dengan kesenian hadrah.

Disambut hadrah, para personel Slank--Kaka, Bim Bim, Ivan, Abdee, dan Ridho--terlihat sumringah. Para santri juga tampak senang pesantren mereka dikunjungi oleh Slank. Jajaran pengasuh pesantren itu, antara lain KH Amir Mahmud, KH Mu'tafi, KH Wahid Umar, dan H Hasan Baharun, pun menyambut mereka.

Kunjungan Slank tersebut merupakan perjalanan religi dengan Ki Ageng Ganjur dari Jogjakarta. Di pesantren itu, Slank berbincang-bincang mengenai budaya dengan para santri. Dialog tersebut dilakukan di dua tempat--di teras mushala santri putra, lalu di teras mushala santri putri.

Sejumlah santri dan guru tak mau membuang kesempatan dialog tersebut. Seorang guru bertanya soal alasan Slank berkunjung ke Darullughah, bukan ke pesantren besar lain yang ada di Kabupaten Probolinggo. Dengan santai, Kaka menjawab, "Kami memang mencari dan mengunjungi pesantren kecil."

Usai dialog itu, Slank kemudian melakukan penanaman 10 batang pohon jati di depan halaman SMK Darul Lughoh, yang berada dalam area pesantren yang dihuni oleh 350 santri putra dan 600 santri putri itu.

Kedatangan Slank tersebut mendapat tanggapan positif dari Akhmad Erfan, seorang guru Madrasah Diniyah Kelas I Wustho di pesantrenitu. Menurutnya, selain untuk hiburan, musik juga efektif sebagai media dakwah, seperti lagu-lagu Slank yang menggugah nasionalisme. "Dari musik, kita juga bisa mengambil pelajaran. Selain itu, musik bisa menjadi ajang berdakwah. Kedatangan Slank berdampak positif," ucap Erfan, yang mengaku menggemari Slank.

Di Kraksaan, Slank tak hanya datang ke Darullughah. Kalau tidak ada halangan, Slank akan menggelar istighosah dan konser di Stadion Gelora Merdeka, Kraksaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com