Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Nadine Agar Bugar Saat "Backpacking"

Kompas.com - 19/03/2012, 21:58 WIB

KOMPAS.com - Melakukan banyak aktivitas outdoor yang menuntut ketahanan fisik seperti travelling ala backpacker tentu membutuhkan stamina yang kuat. Nadine Chandrawinata termasuk salah satu perempuan yang suka melakukan kegiatan yang biasanya dilakukan oleh para pria ini.

"Melakukan perjalanan ke berbagai tempat yang seru dan baru memang menjadi tantangan tersendiri bagi saya, jadi harus punya stamina yang kuat," ungkap Nadine kepada Kompas Female, saat acara peluncuran buku Nadrenaline di Toko Buku Gramedia, Matraman, Jakarta Timur, Sabtu (17/3/2012) lalu.

Untuk mendapatkan fisik yang prima saat travelling, Nadine melakukan berbagai olahraga. Sebelum berangkat ke tempat tujuan, ia mengaku selalu melakukan fitnes secara rutin. Ia juga rajin lari pagi minimal selama 30 menit untuk meningkatkan daya tahan, dan melakukan latihan kardio untuk meningkatkan kinerja jantungnya.

Nadine berusaha untuk tetap berolahraga selama travelling, meskipun kerap menghadapi keterbatasan kondisi. "Biasanya, saya lari pagi saja ketika sedang travelling. Makanya salah satu barang bawaan wajib saya adalah sepatu olahraga," bebernya.

Selain menyiapkan sepatu olahraga, ia juga selalu berusaha mencari tahu kondisi dan kultur budaya di tempat yang akan dikunjungi. Misalnya ketika berada di suatu kota dengan penduduk yang mayoritas muslim, ia menghindari untuk berolahraga hanya dengan menggunakan tanktop.

Untuk menjaga kebugaran tubuhnya, Nadine juga membawa vitamin meningkatkan daya tahan tubuhnya. Selain vitamin, perempuan berusia 27 tahun ini juga membawa rempah tradisional seperti jahe. Biasanya jahe ini digunakan sebagai camilan atau dijadikan minuman untuk menghangatkan tubuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com