Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"First Lady" AS buat Becandaan, Robert de Niro Dikritik

Kompas.com - 21/03/2012, 22:31 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Bintang film Hollywood Robert de Niro menuai kritik setelah dia bercanda saat acara pengumpulan dana yang menampilkan first lady AS Michelle Obama. De Niro bilang, untuk saat ini orang Amerika sepertinya belum siap dengan seorang first lady kulit Putih.

Atas kritikan itu, De Niro menjawab dengan mengatakan bahwa dia tidak bermaksud menyerang atau memalukan siapa pun, termasuk Michelle Obama.

Kantor berita AP, Rabu (21/3/2012), memberitakan, De Niro yang terkenal lewat film Taxi Driver dan Meet the Parents dalam acara pengumpulan dana yang diadakannya di New York, Senin malam lalu, mengawali acara dengan membuat daftar para istri calon Presiden AS dari Partai Republik.

"Callista Gingrich, Karen Santorum, Ann Romney," ujar De Niro. "Apakah ada yang yakin bahkan negeri ini siap dengan seorang first lady berkulit putih?" tambah De Niro.

Canda De Niro ini disambut pengunjung yang datang untuk acara pengumpulan dana yang menampilkan first lady Michelle Obama yang juga first lady pertama AS yang berkulit hitam. "Penegasan saya itu, sekalipun berbicara dalam bentuk menyindir, dipastikan tidak untuk menyerang atau mempermalukan siapa pun, terutama first lady," ujar De Niro dalam pernyataannya.

Canda De Niro ini langsung menuai kritik dari calon presiden Partai Republik, Newt Gingrich. Hari Selasa, Gingrich menegaskan bahwa siapa pun yang mengatakan hal yang rasial menyangkut para istri calon Partai Republik jelas "tak bisa dimaafkan".

Gingrich juga meminta Presiden Barack Obama meminta permintaan maaf atas canda De Niro ini. Pihak Gedung Putih mempersilakan semua pertanyaan disampaikan pihak kampanye pemilihan kembali Obama.

Juru bicara kampanye Michelle Obama, Olivia Alair, menyebutkan canda De Niro tadi "sebagai hal tak pantas". Namun, dia menolak berkomentar lebih lanjut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com