Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Standing Ovation" untuk Film "The Raid"

Kompas.com - 29/03/2012, 03:41 WIB

Oleh: Fajar Billy Sandy
kompasiana: FajarBillySandi

Saya menonton film The Raid di acara penutupan Indonesia International Fantastic Film Festival 2011 (iNAFFF 11). Sebelum dijadikan film penutup iNAFFF 2011, The Raid telah memenangkan People’s Choice Award Midnight Madness di ajang Toronto International Film Festival (TIFF 2011).

Menonton The Raid, mulai dari menit ketika Rama (Iko Uwais) dan kawan-kawan turun dari mobil untuk melakukan penyergapan, tensi penonton sudah diajak naik-turun. Penonton tidak diberikan kesempatan untuk berkedip serta menghela napas sedikit pun karena adegan yang ditampilkan adalah sajian aksi yang memukau hingga film berakhir.

Inilah film Indonesia pertama yang berhasil menyajikan adegan aksi seni beladiri yang sangat terkoreografi dengan baik. Iko Uwais, mantan atlet pencak silat, benar-benar menampilkan performa apik ketika melakukan adegan aksi, baik dengan alat maupun tangan kosong, bahkan lebih baik dari film Merantau.

Setelah melihat performa Iko, saya langsung berkata dalam hati, ”Barry Prima tidak ada apa-apanya!” Tidak heran pula saat saya maupun penonton lain saling berdecak kagum dan bertepuk ta­ngan ketika aksi-aksi memukau yang jarang muncul dalam film Indonesia.

Ada sedikit ironi ketika menonton The Raid karena film Indonesia yang menampilkan seni beladiri khas Indonesia ini bukan ditulis dan disutradarai oleh orang Indonesia. Berterimakasihlah kepada Gareth Evans, sutradara asal Wales yang memiliki minat tinggi terhadap beladiri silat sehingga bisa menghasilkan film berkualitas seperti The Raid.

Tidak ada film yang sempurna 100 persen, begitu pula dengan The Raid. Salah satu yang mengganggu saya ketika menonton adalah penggunaan dialog yang terkesan sedikit silly. Entah mengapa saya selalu merasa kalau dialog di film dalam bahasa Indonesia terkesan kaku dan kurang pas. Begitu pun dengan akting beberapa pemain yang terkesan bolong. Meski begitu, saya salut untuk semua pemain, baik pemain utama maupun ekstra, karena mereka sudah bekerja dengan sangat keras dan baik untuk menyajikan adegan laga yang prima.

Judul Film: The Raid/Serbuan Maut (2011)

Rating: 3,5 bintang dari 4 bintang

Sutradara: Gareth Evans

Pemeran: Iko Uwais, Doni Alamsyah, Joe Taslim, Ray Sahetapy, Pierre Bruno

Sumber: http://kom.ps/AxpLI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com