Koleksi Busana Pengantin Billy Tjong

Kompas.com - 02/04/2012, 15:06 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Perancang busana pengantin, Billy Tjong, menghadirkan berbagai koleksi barunya yang elegan untuk calon pengantin. Sebanyak 30 set busana pengantin dipamerkannya dalam acara Wedding Romance Week 2012, yang diadakan oleh Bella Donna Group di Grand Indonesia Shopping Town, Jakarta, beberapa waktu lalu.

"Inspirasi untuk membuat semua gaun pengantin ini saya dapatkan dari lingkungan sekitar, yang dipadukan dengan nuansa tahun naga," tukas Billy kepada Kompas Female, sesaat setelah acara fashion show-nya.

Untuk koleksinya ini, Billy mengaku sengaja menampilkan busana pengantin yang memeluk badan (body fitted), untuk menonjolkan siluet lekuk tubuh perempuan. Sebagian besar gaun pengantinnya terbuat dari bahan tulle, sifon, satin, silk, dan juga organza.

Fashion show-nya terbagi atas tiga segmen besar dalam tema yang berbeda. Dalam sesi pertama, ia menampilkan beberapa gaun pengantin dengan panjang di atas lutut. Billy menghadirkan koleksi tersebut dalam berbagai warna. Tak hanya putih, ia juga berani mengeksplorasi warna-warni ceria seperti oranye muda, putih gading, coklat muda, dan krem. Keberaniannya menggunakan warna-warna ceria ini terpengaruh dari perkembangan mode, dan sebagai upaya agar busana pengantin tidak monoton dengan warna putihnya.

Untuk modelnya, sebagian besar busana pengantin sepanjang lutut ini dihadirkan dalam model kemben dan berkerah shanghai. Ada juga yang dibuat dengan model lengan panjang dan rok rimpel melebar di bagian bawahnya.

Di sesi kedua, Billy menghadirkan koleksi busana pengantin yang sedikit lebih rumit dibanding sesi pertama. "Di sesi kedua ini, ditampilkan busana yang bisa digunakan untuk pesta-pesta yang tidak terlalu formal, misalnya hanya bersama keluarga, atau untuk pesta pantai, sehingga dibuat dengan teknik dan desain yang tidak terlalu rumit, namun tetap elegan," beber Billy. 

Di sesi ini, ia menampilkan warna busana yang dominan putih dan off white, dengan desain yang lebih elegan dan panjang menyentuh lantai. Di sini ia menampilkan busana dengan banyak tumpuk dan lipatan. Desain yang digunakan pun lebih banyak menonjolkan bagian leher sehingga leher terkesan lebih tinggi dan lebih elegan. 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Desain busananya tak terbatas pada model kemben saja, tetapi juga model backless, model V neck dengan belahan dada yang cukup rendah, sampai model one shoulder yang penuh dengan lipit yang unik.

Tak hanya itu, Billy juga menghadirkan gaun yang memadukan nuansa oriental dengan internasional, dengan kerah cheongsam dan busana pengantin yang panjang. Pada beberapa model, kesan seksi juga didapatkan melalui gaya transparan dengan bagian rok yang loose. Untuk menghadirkan kesan mewah, ditambahkan payet, manik-manik, batu-batuan, serta beberapa aplikasi motif daun serta bunga yang unik.

Sedangkan pada sesi ketiga, perancang yang menjadi juara ajang Concours International des Jeunes de Mode pada tahun 2003 ini menampilkan berbagai busana pengantin modern dengan model busana yang lebih rumit. Kerumitan busana ini terlihat dari tail, atau "ekor" baju yang cukup panjang untuk menonjolkan kesan mewah. Ekor baju ini dibuat dengan teknik aplikasi tempel motif kain yang berbentuk bunga mawar sehingga menghasilkan ilustrasi rangkaian tiga dimensi bunga mawar putih yang unik.

Sebagai puncaknya, Billy menghadirkan koleksi yang terinspirasi nuansa oriental dan tahun naga dengan model gaun mermaid, lengkap dengan lipit draperi di bagian bawah gaunnya.

"Baju pengantin ini dihadirkan untuk upacara pernikahan di tahun naga, dengan tambahan aplikasi motif naga, dan kerah shanghai," pungkasnya.

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X