Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alex: 2,5 Tahun Jakarta Bebas Macet, Bukan 3 Tahun

Kompas.com - 02/04/2012, 17:06 WIB
Wisnu Nugroho A

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon Gubernur DKI Jakarta, Alex Noerdin, yang dicalonkan Partai Golongan Karya bersana Nono Sampono, mengemukakan, dirinya mampu mengatasi macet Jakarta dalam 2,5 tahun.

"Bukan tiga tahun, tapi 2,5 tahun Jakarta akan bebas macet jika kami terpilih. Enam bulan adalah waktu toleransi yang kami siapkan sehingga jadi tiga tahun," ujar Alex saat berkunjung ke Redaksi Kompas, Jakarta, Senin (2/4/sore).

Janji 2,5 tahun mampu mengatasi macet Jakarta juga dipatok untuk banjir Jakarta. Macet dan banjir merupakan dua janji yang masalahnya disiapkan selesai dalam waktu 2,5 tahun.

Alex dan Nono mengklaim memiliki program terencana dan terukur, untuk mewujudkan janji Jakarta bebas macet dan banjir. Salah satu solusi mengatasi macet Jakarta dalam 2,5 tahun adalah mendayagunakan angkutan umum.

"Macet salah satunya karena angkutan pribadi lebih banyak dari angkutan umum," ujar Alex.

Mengutip data Kompas, Alex menuturkan, jika tahun 2002 ada sekitar 50 persen masyarakat di Jakarta menggunakan angkutan umum maka tahun 2011 tinggal 16,7 persen saja. Peralihan masyarakat dari angkutan umum ke kendaraan pribadi tercermin dari penggunaan sepeda motor. Jika tahun 2002 hanya 27,8 persen masyarakat menggunakan motor, maka tahun 2011 mencapai 63 persen.

Angkutan umum dijanjikan Alex dan Nono akan dikelola terintegrasi. "Kami yakin lebih baik dari petahana (Fauzi Bowo). Untuk mengatasi macet kami butuh waktu 2,5 tahun dengan toleransi waktu enam bulan. Cukup bagi kami dan kalau gagal, kami mundur," ujar Alex.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com