Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Strategi Alex Noerdin Gratiskan Pendidikan

Kompas.com - 03/04/2012, 06:26 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Bakal calon gubernur DKI Jakarta, Alex Noerdin, mengungkapkan, jika dirinya terpilih, ia akan menggratiskan seluruh biaya pendidikan sekolah mulai dari tingkat SD sampai SMP.

Janji tersebut diungkapkan Alex dalam sebuah diskusi yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Pullman Hotel, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (2/3/2012). Pernyataan tersebut pun mengundang keraguan dari banyak pihak yang hadir dalam acara sehingga ia pun mengungkapkan rahasia strateginya.

"Jadi, kalau pelantikan bulan oktober, sisa dua bulan, November dan Desember. Ada pengalihan dan persetujuan DPRD. Begitu dinyatakan menang, kalau satu putaran, jam 15.00 sudah jadi gubernur. Semua membelot. Semua nurut, jadi punya waktu empat bulan," ujar calon yang diusung Partai Golkar dan 22 partai non-seat lainnya itu sambil tertawa.

Alex mengaku telah memiliki pengalaman saat melakukan program yang sama, menggratiskan biaya pendidikan dalam 81 hari masa kerjanya. Prestasi tersebut pun kemudian mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan kategori pemenuhan janji kampanye tercepat di Indonesia.

"Sampai sekarang tidak terpecahkan, biar tambah sulit orang pecahkan, besok kita bikin satu hari," lanjutnya.

Alex Noerdin juga mengungkapkan, sebaik-baiknya program yang direncanakan untuk Jakarta, harus didukung oleh aparatur yang kompeten. Oleh karena itu, Jakarta harus memiliki pemimpin yang berani dan lebih pandai dari aparatur di bawahnya.

"Seorang pemimpin harus lebih pandai daripada staf di bawahnya. Untuk itu, dia menguasai semua permasalahan biar dihargai dan ada wibawa," tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com