Jokowi : Jalankan Tugas Tanpa Ditunggangi Kepentingan

Kompas.com - 10/04/2012, 13:30 WIB
|
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com - Bakal calon Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi mengatakan, pemimpin yang baik adalah pemimpin yang tidak memiliki kepentingan politik atau ekonomi di belakangnya. Berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Jokowi diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Partai Gerindra.

"Jangan sampai ada pejabat yang main dan punya kepentingan lain," kata Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo, saat berkunjung ke Kompas.com, Sabtu (31/3/2012).

Ia mencontohkan pembebasan lahan warga Jakarta untuk pembangunan Jakarta dapat terlaksana jika dilakukan pendekatan dengan baik dan tidak ditunggangi dengan kepentingan lain selain menyejahterakan warga.

"Kadang pembebasan lahan yang dilakukan sekarang misalnya dijanjikan satu juta untuk warga, yang nyampe hanya ratusan ribu saja. Ya pasti warganya protes. Pokoknya harus tegas. Terus relokasinya juga harus benar dan jelas. Jangan malah menyusahkan," katanya.

Jokowi mengungkapkan bahwa jika dalam menjalankan tugas banyak kepentingan yang menunggangi maka efeknya adalah masalah masyarakat yang dikorbankan. Hal ini yang menurutnya harus diubah untuk membangun Jakarta.

"Lebih baik tidak terikat dengan apapun, kepentingan apapun. Jadi dapat menjalankan tugas untuk masyarakat dengan fokus. Kerja sepenuh hati untuk masyarakat," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan Video Lainnya >

    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.