Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi : Jalankan Tugas Tanpa Ditunggangi Kepentingan

Kompas.com - 10/04/2012, 13:30 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bakal calon Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi mengatakan, pemimpin yang baik adalah pemimpin yang tidak memiliki kepentingan politik atau ekonomi di belakangnya. Berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Jokowi diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Partai Gerindra.

"Jangan sampai ada pejabat yang main dan punya kepentingan lain," kata Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo, saat berkunjung ke Kompas.com, Sabtu (31/3/2012).

Ia mencontohkan pembebasan lahan warga Jakarta untuk pembangunan Jakarta dapat terlaksana jika dilakukan pendekatan dengan baik dan tidak ditunggangi dengan kepentingan lain selain menyejahterakan warga.

"Kadang pembebasan lahan yang dilakukan sekarang misalnya dijanjikan satu juta untuk warga, yang nyampe hanya ratusan ribu saja. Ya pasti warganya protes. Pokoknya harus tegas. Terus relokasinya juga harus benar dan jelas. Jangan malah menyusahkan," katanya.

Jokowi mengungkapkan bahwa jika dalam menjalankan tugas banyak kepentingan yang menunggangi maka efeknya adalah masalah masyarakat yang dikorbankan. Hal ini yang menurutnya harus diubah untuk membangun Jakarta.

"Lebih baik tidak terikat dengan apapun, kepentingan apapun. Jadi dapat menjalankan tugas untuk masyarakat dengan fokus. Kerja sepenuh hati untuk masyarakat," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com