Bondan Prakoso dan Kenangan "Si Unyil"

Kompas.com - 15/04/2012, 18:46 WIB
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Dukungan artis terhadap drs Suyadi, pencipta karakter boneka Si Unyil dan pengisi suara Pak Raden dalam film seri televisi Si Unyil, terus mengalir. Vokalis, pemain bas, dan pencipta lagu Bondan Prakoso bahkan sampai kaget mengetahui bahwa tokoh idolanya tersebut rela ngamen demi memerjuangkan royalti tayangan televisi Boneka Si Unyil.

"Kami dengar dari media, terus sempat dengar juga dari broadcast, 'Ada apa nih tiba-tiba Pak Raden mau ngamen'," kata Bondan ketika datang ke kediaman Suyadi di Petamburan III, Slipi, Jakarta Barat, Sabtu (14/4/2012) sore.

Tak heran jika Bondan, yang ketika masih kanak-kanak pernah terkenal sebagai penyanyi cilik dengan lagu "Si Lumba Lumba", kaget. "Saya nonton Si Unyi dari umur empat tahun. Sebelum filmnya mulai, saya biasanya main di luar dulu sampai ibu saya bilang, 'Unyil sudah mau main tuh'. Pokoknya, saya sudah dimandiin, bedak masih cemong-cemong di muka, terus nonton," kenang Bondan.

Bondan, yang kini telah berkeluarga, mengaku banyak mendapat pelajaran berharga dari "omelan" Pak Raden kepada Si Unyil, yang dulu ditontonnya. "Pasti lah, dulu masih kecil ibarat hardisk masih kosong, diisinya sama film Unyil. Kita pasti kangen. Kita bisa ekspos bareng bahwa ada hak yang belong to yang punya hak," tekan Bondan.

Sementara itu, Suyadi mengaku begitu tersanjung dengan dukungan dari Bondan bersama Fade2 Black melalui lagu "Ya Sudahlah", yang mereka sajikan di kediaman Suryadi pada Sabtu sore. "Saya merasa tersanjung, dihargai, ini cucu cucu saya luar biasa. Saya senang sekali, yang saya harapkan generasi sekarang bikin karya yang serupa, malah harus lebih baik lagi. Jangan selalu menyerahkan ke yang jadul. Anak-anak harus berkreasi sendiri, kalah yang tua-tua, kalah yang zamannya saya," ucap Suyadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.