Widyawati: Lagu Lembut untuk Indonesia

Kompas.com - 04/05/2012, 07:25 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

JAKARTA, KOMPAS.com -- Di kediamannya di Perumahan Bintaro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (2/5) siang, artis senior Widyawati (61) melantunkan tujuh lagu Indonesia dari masa lalu dengan iringan organ tunggal. ”Saya mengawali dengan lagu ’Belaian Sayang’ ciptaan almarhum Bing Slamet karena bangsa ini, yang akhir-akhir ini banyak didera dengan kekerasan, memerlukan belaian dan kelembutan,” ujarnya sebelum bernyanyi.

Seusai menyelesaikan lagu karangan Maladi, ”Serumpun Padi”, perempuan asal Purwokerto, Jawa Tengah, itu mengatakan, lagu-lagu masa lalu ini syairnya sangat kuat, penuh makna. Artis yang namanya mulai populer lewat film Pengantin Remaja (1971) tersebut berlatih membawakan lagu-lagu itu untuk penampilannya dalam acara Dongeng Kebangkitan, di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah Selatan, Jakarta, Jumat (4/5) malam.

Seusai latihan, seorang penggemarnya, Mariza Hamid, dan sineas senior, Garin Nugroho, yang ikut memilihkan lagu-lagu untuk Widyawati, secara spontan mengeluarkan banyak kata pujian. ”Mbak Widyawati masih cantik sekali, ya,” ujar Garin. ”Suaranya lembut ya,” timpal Mariza.

Suara pujian dari dua orang itu sangat lantang, Namun, Widyawati seperti tidak mendengarnya. Dia hanya mengatakan, ”Indonesia saat ini butuh lagu lembut ketimbang ceramah panjang atau debat yang tidak etis.” (OSD)

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.