Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Menyesakkan Chicago Bulls Sang Unggulan

Kompas.com - 12/05/2012, 03:31 WIB

Philadelphia, Jumat - Gemuruh kegembiraan menyeruak di Wells Fargo Center, Pennsylvania, Philadelphia, kandang klub bola basket Philadelphia 76ers, Jumat (11/5) pagi WIB.

Berlaga sebagai tim nonunggulan play off NBA 2012 karena hanya menempati posisi kedelapan di klasemen Wilayah Timur, 76ers akhirnya lolos ke semifinal play off Wilayah Timur. Kepastian itu didapat setelah 76ers mengakhiri perjuangan pemuncak klasemen Chicago Bulls pada gim keenam dengan skor akhir 79-78. Seri ini ditutup kemenangan 76ers 4-2.

Philadelphia 76ers akan menghadapi Boston Celtics dalam semifinal Wilayah Timur pada Sabtu (12/5) waktu setempat. Celtics melaju ke semifinal wilayah usai mengalahkan Atlanta Hawks dengan skor 4-2 pada babak pertama play off.

Laga kontra Celtics pada semifinal wilayah adalah laga pertama kali bagi 76ers setelah terlempar dari tim elite NBA dalam sembilan tahun terakhir.

”Saya tak tahu bagaimana kami bisa memenangkan laga ini,” kata Pelatih 76ers Doug Collins usai pertandingan.

Collins, pelatih yang juga pernah menangani Bulls seusai masa keemasan Phil Jackson, mengatakan, pemain layak mendapatkan penghormatan lebih karena mereka bermain lepas. Namun, Collins menyebutkan, kapten tim yang juga pemain guard, Andre Iguodala, merupakan bintang bagi timnya pada malam itu.

Pantang menyerah

Bulls yang berusaha meraih kemenangan ketiganya di seri keenam ini tanpa pemain center Joakim Noah dan guard andalan Derrick Rose bermain taktis. Dipimpin Luol Deng dan Richard Hamilton, Bulls memperkecil selisih poin pada perempat kedua menjadi 40-48. Bahkan, pada akhir perempat ketiga, kedua tim meraih angka sama, 63-63.

Bulls, yang diasuh Tom Thibodeau, sempat memimpin perolehan angka 70-65 ketika Omer Asik berhasil melesakkan dua angka dari tembakan bebas.

Tak mau takluk di hadapan pendukung sendiri, perlahan 76ers memperkecil selisih angka kedua tim menjadi hanya satu angka ketika Thaddeus Young mampu menceploskan bola ke keranjang melalui lay up, 77-78.

Tembakan bebas dua angka Iguodala, yang diperoleh saat mendribel bola di daerah pertahanan Bulls, melesak mulus dan membuat 76ers berbalik unggul, 79-78, ketika waktu tersisa kurang dari 2,2 detik. Iguodala, yang mencetak 20 angka pada laga ini, menjadi pahlawan bagi 76ers saat menghadang tembakan tiga angka guard Bulls, CJ Watson.

Forward Bulls, Carlos Boozer, mengatakan, hasil ini sudah maksimal. ”Laga ini bukan milik kami,” kata Boozer.

(Reuters/MHD)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com