Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karinding Attack Garap Lagu Peterpan

Kompas.com - 15/05/2012, 22:26 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com -- Beredar video kolaborasi antara Karinding Attack dengan New Peterpan Band menggarap lagu lama mereka, Sahabat. Berbeda dengan lagu yang dimainkan oleh grup yang pada saat itu bernama Peterpan, tidak ada vokal di sepanjang lagu ini.

Video tersebut sudah ditemukan beredar luas di kanal video internet seperti Youtube sejak Selasa (15/5/2012). Hal itu juga diperkuat oleh tanggal pengunggahan video. Lagu berjudul Sahabat, yang menjadi gacoan dari album Taman Langit yang dirilis tahun 2003 digarap oleh Karinding Attack dengan sentuhan tradisional mereka.

"Kami hanya menggarap dua lagu. Sahabat adalah salah satunya," kata Iman Rahman Anggakusuma atau Kimung, salah satu personel Karinding Attack yang ditemui di Bandung, Jawa Barat, Selasa.

Dalam video tersebut, tampak sekali sentuhan pop lagu Sahabat benar-benar diterjemahkan ulang menjadi instrumen tradisional tanpa menghilangkan warnanya. Begitu memasuki bagian refrain, instrumen tradisional yang dipergunakan makin kaya, tapi pendengarnya tetap yakin bahwa mereka mendengarkan lagu Peterpan meski dalam bentuk instrumen. Barangkali sulit dibayangkan menikmati lagu pop Peterpan menggunakan suling, celempung, karinding, maupun gong tiup.

Menurut blog milik Karinding Attack, penggarapan lagu itu berlangsung pada akhir Desember 2011. Lagu ini kemungkinan menjadi salah satu andalan dalam album New Peterpan Band yang menggarap lagu mereka tapi dalam bentuk instrumen yang diluncurkan segera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com