Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Akan Memproses Laporan tentang Dheraj dan DP

Kompas.com - 13/06/2012, 12:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Produser film KK Dheraj dan artis Dewi Perssik alias Depe (DP) dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh Muhamad Zainal Arifin, Senin (11/6/2012). Zainal mengaku dirinya merasa tertipu atas promosi film Mr Bean Kesurupan Depe, yang membawa-bawa nama aktor Inggris Rowan Atkinson, sebagai pemeran asli Mr Bean, padahal kenyataannya tidak ada dalam film itu.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto, mengatakan bahwa dalam laporan itu Zainal mengadukan dengan menggunakan Undang-undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 tahun 1999 serta pasal-pasal dalam KUHP. "Depe dan KK Dheraj diadukan dengan tindak pidana perlindungan konsumen pasal 8 (1) huruf F Jo pasal 62 (1) jo pasal 9 ayat (1) huruf F jo pasal 378 KUHP jo pasal 380 KUHP," terang Rikwanto, Selasa (12/6/2012), di Mapolda Metro Jaya.

Pada pasal 62 Undang-undang Perlindungan Konsumen diatur tentang pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh pelaku usaha, di antaranya dihukum dengan pidana penjara paling lama lima tahun atau pidana denda paling banyak Rp 2 miliar. Sanksi itu diberikan terhadap pelaku usaha yang terbukti memproduksi atau memperdagangkan barang yang tidak sesuai dengan berat, jumlah, ukuran, takaran, jaminan, keistimewaan, kemanjuran, komposisi, atau mutu yang dinyatakan dalam label atau keterangan tentang barang tersebut.

Lebih lanjut Rikwanto menjelaskan bahwa Polda Metro Jaya akan memproses laporan itu. Setelah laporan tersebut ditelaah oleh tim penyelidik, langkah selanjutnya yang dilakukan oleh polisi adalah memanggil Muhamad Zainal Arifin selaku pelapor.

Laporan ini bermula dari kekecewaan Muhamad Zainal Arifin, seorang penonton film Mr Bean Kesurupan Depe. Arifin merasa dibohongi oleh produser film tersebut, KK Dheraj, dan bintang film itu, DP. "Kronologinya, Maret 2012, KK Dheraj pernah mengatakan Mr Bean akan membintangi film Mr Bean Kesurupan Depe dan DP menimpali bahwa benar dia akan bermain bareng Mr Bean yang asli, yakni Rowan Atkinson," kata Zainal ketika diwawancara melalui telepon oleh Kompas.com di Jakarta, Selasa (12/6/2012). "Dari situ saya pantau terus beritanya, dari Maret sampai Mei 2012. Saya yakin Mr Bean jadi main film," lanjutnya.

Rasa penasaran Zainal semakin besar sejalan dengan promosi oleh Dheraj dan DP. Akhirnya, pada 8 Juni 2012 Zainal menonton film itu di  Kalibata Mall, Jakarta. "Di sana saya lihat ada poster, patung Mr Bean, saya tambah yakin kalau dalam film ini ada Mr Bean," cerita Zainal.

Namun, setelah menonton film itu sampai habis, Zainal merasa aneh karena dari awal hingga akhir ternyata tidak ada Rowan Atkinson yang muncul dalam adegan di film itu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com