Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Label untuk Penganut Gaya "Boho Chic"

Kompas.com - 17/06/2012, 18:50 WIB

KOMPAS.com - Gaya boho chic yang di Hollywood dipopulerkan oleh selebriti seperti Nicole Richie, Vanessa Hudgens, atau Sienna Miller, ternyata cukup digemari di Indonesia. Modelnya yang kebanyakan longgar, dengan motif-motif etnik, membuat busana bohemian cocok dikenakan di cuaca yang cenderung panas. Dipakai untuk ke mall atau liburan ke Bali, masuk-masuk saja!

Untuk Anda yang termasuk penggemar gaya boho, coba intip koleksi Island Shop. Brand asal Singapura ini belum lama membuka counter barunya di Metro Department Store, Pondok Indah Mall 1, Jakarta Selatan. Sebelumnya, gerai Island Shop baru tersedia di Centro Department Store, Discovery Shopping Mall, Bali, dengan menyasar wisatawan asing.

Tidak mengherankan sebenarnya mengapa gaya ini sangat menarik untuk para perempuan. Gaya boho chic memberi kesan rileks, trendi, dan feminin. Bohemian style sendiri sebenarnya merupakan cara untuk mengekspresikan diri dan berhubungan dengan alam, serta mempercantik diri dengan kekayaan budaya. Maka, gaya ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menguatkan kepedulian terhadap isu-isu lingkungan dan budaya.
island1
Sebagai perkenalan pertamanya, Island Shop menawarkan koleksi Spring/Summer dengan unsur "kembali ke alam". Gaya bohemian diwujudkan melalui teknik kerajinan tradisional Afrika, namun dengan penampilan yang lebih segar dan minimalis. Kebanyakan busana dalam koleksi ini menggunakan material berjenis katun voile, cambric, katun organdi, dan linen. Bahan-bahan ini di-print, dibordir, atau dikerjakan khusus dengan motif print tribal dengan detail unik seperti renda, braids, bordir, dan hiasan artistik lainnya.

island3

Untuk cuaca Indonesia yang tergolong panas, bahan linen yang cenderung tebal sebenarnya kurang disukai. Namun Island Shop ingin mengedukasi masyarakat bahwa linen juga memiliki banyak kelebihan.

"Linen itu lebih nyaman ketimbang katun. Bahannya lebih comfort, long lasting, dan lebih kuat dari bahan lainnya. Mau disobek atau bolong pun agak susah, karena bahannya tebal. Kekurangannya, bahan ini mungkin susah disetrika. Tapi kalau mudah lecek, itu memang karena sifat bahannya begitu," tutur Zakaria Hamzah, Operational Director Alleira Group, kepada Kompas Female, saat ditemui di outlet-nya di Pondok Indah Mall1, Jakarta, beberapa waktu lalu.

island2

Bahan linen sebaiknya dicuci dengan cara dry clean. Tetapi menurut Zaka, bisa juga dicuci biasa. "Asal jangan diperas. Jadi kalau mau mencuci, dicelup, dikucek sedikit, angkat, lalu jemur. Jangan diperas, karena akan memperparah leceknya," tukasnya.

Untuk melengkapi koleksi busananya, label ini juga menyediakan koleksi aksesori seperti tas, sepatu, dan perhiasan. Anda akan menemukan chunky necklace atau anting untuk melengkapi gaun maksi, atau sepatu wedges dan tote bag bermotif print ikat.

Konsep dalam bergaya boho chic adalah padu-padan. Anda bisa mengombinasikan gaya kasual, gaya '70-an ala kaum hippies, dan etnik, bersamaan dengan gaya vintage. Namun yang perlu Anda pahami, gaya bohemian sebenarnya lebih merupakan pernyataan sikap ketimbang sekadar tren fashion yang pada akhirnya akan memudar seiring bertambahnya waktu. Mereka yang punya karakter kreatif dan "nyeni" paling cocok menganut gaya ini, karena mudah mempadupadankan gaya dan warna.

Jadi, seberapa bohemia diri Anda?

(FOTO-FOTO: FELICITAS HARMANDINI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com