Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres Saksikan Film "Soegija"

Kompas.com - 19/06/2012, 20:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com--Wakil Presiden Boediono, Selasa malam, menyaksikan film "Soegija" yang mengisahkan catatan harian tokoh pahlawan nasional Mgr. Soegijapranata, SJ, di Bioskop Epiwalk XXI, Rasuna Epicentrum, Jakarta.

Ikut mendampingi saat nonton bareng tersebut antara lain Ibu Herawati Boediono, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Pangestu, Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, Sutradara Garin Nugroho, serta budayawan Nirwan Dewanto yang dalam film itu berperan sebagai Soegijapranata.

Soegija adalah film drama sejarah yang disutradarai oleh sutradara senior Indonesia Garin Nugroho, dibintangi oleh budayawan Nirwan Dewanto yang memerankan tokoh pahlawan nasional bernama lengkap Albertus Soegijapranata.

Film yang dibintangi aktor-aktor dari beragam latar belakang budaya ini diluncurkan di Indonesia pada tanggal 7 Juni 2012. Dengan anggaran sekitar Rp12 Miliar, film ini menjadi film termahal yang disutradarai Garin Nugroho.

Film ini diproduksi dengan format film perjuangan yang mengambil cerita dari catatan harian tokoh pahlawan nasional Mgr.Soegijapranata,SJ dengan mengambil latar belakang Perang Kemerdekaan Indonesia dan pendirian Republik Indonesia Serikat pada periode tahun 1947 - 1949.

Film ini mengambil latar daerah Yogyakarta dan Semarang. Film ini juga menampilkan tokoh-tokoh nasional Indonesia lain, seperti Soekarno, Fatmawati, Mohammad Hatta, Sutan Sjahrir, Sri Sultan Hamengkubuwana IX, Sri Paku Alam VIII, Jenderal Soedirman, dan Soeharto.

Untuk bisa menggambarkan pengalaman Soegija, film ini banyak menampilkan tokoh-tokoh nyata tapi difiksikan baik dari Indonesia, Jepang, Belanda, sipil maupun militer dalam peristiwa-peristiwa keseharian yang direkonstruksi dengan cukup rinci.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com