Album Spontan Bondan Prakoso F2B

Kompas.com - 28/06/2012, 07:14 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pemain bas Bondan Prakoso bersama grup Fade 2 Black atau lebih dikenal dengan sebutan Bondan Prakoso F2B yang sukes dengan album Respect (2005) dan Unity (2007), kini merilis album teranyarnya, Respect & Unity for All.

Kalimat Respect & Unity for All, punya makna khusus bagi Bondan dan trio rapper Tito a.k.a. Titz, Ari a.k.a. Santoz dan Eza a.k.a. Lezano yang menghuni F2B. "Kata-kata respect fondasi awal berdirinya Bondan Prakoso & Fade 2 Black, di mana kami dari dua genre berbeda (funk dan rap), grup berbeda yang disatukan dalam satu project karena kami saling respek," jelas Bondang dalam jumpa pers di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Rabu (27/6/2012).

Dengan warna yang berbeda itu pula, album Respect & Unity for All memberi sebuah sentuhan baru. "Kami putuskan ingin membuktikan lagu rap ini bisa masuk ke dalam musik apapun, seperti di single terbaru kami 'Tak Terkalahkan'. Kami musiknya dance, jadi bagaimana rap ini bisa kolaborasi dengan musik lain," kupas Bondan.

Namun hal tersebut tentu tidak mudah. "Akhirnya album kami rilis juga karena kami tahu untuk merilis album memang susah sekali," imbuh Bondan.

"Jadi Bondan Prakoso & Fade 2 Black adalah project, kami bukan band boyband, acapela ini proyek kolaborasi, di mana Fade 2 Black dengan hip hopnya, saya dengan musik sendiri," lanjutnya.

Menurut Bondan, album ketiga mereka merupakan sebuah karya yang bersifat spontan. "Project tanpa konsep lebih mengutamakan kreativitas. Apa yang ada di kepala saat itu, itu yang kami buat," terangnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.