Dianggap Menipu Publik, Dewi Perssik Turut Dilaporkan

Kompas.com - 28/06/2012, 16:42 WIB
EditorPepih Nugraha

JAKARTA, KOMPAS.com- Muhammad Zainal Arifin, pelapor terkait dugaan penipuan publik dan pelanggaran undang-undang perlindungan konsumen menyoal pemutaran film "Mr.Bean Kesrurupan DePe" menyatakan kasus ini sudah masuk ke tahap penyidikan. Demikian disampaikan Zainal saat ditemui di sela-sela break pemeriksaan terhadap dirinya sekitar pukul 12.30 WIB di Direktorat Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (28/6/2012) siang.

Meski hanya pemain, kata Zainal, Dewi Persik (DePe) turut dilaporkan bukan semata-mata pelaku usaha. "Kasus ini sudah masuk ke tahap penyidikan. Menurut saya di dalam teori hukum DePe bisa dikenakan penyertaan pasal 103 KUHP Jo pasal 55 KUHP. Penyertaan yang juga berlaku dengan tindak pidana lain. Karena dia terlibat dalam perbuatan penipuan terhadap publik," katanya. Zainal menambahkan, DePe terlibat melakukan penipuan terhadap publik.

Seperti yang diberitakan DePe bersama produser film itu KK Dheeraj sempat melontarkan pernyataan bahwa dalam film itu akan menayangkan adegan DePe dengan Rowan Atkinson, yang dikenal Mr.Bean. Padahal pelapor yang juga telah menonton film itu tidak melihat sedikit pun ada sosok Rowan Atkinson berlaga.

"Saya melaporkan kasus ini berdasarkan fakta-fakta. Benar awalnya saya tertarik karena dalam promosi itu akan menampilkan Rowan Atkison. Tetapi setelah saya menonton filmnya saya tertipu," ujarnya.

Kasus ini pertama kali dilaporkan Zainal pada tanggal 11 Juni 2012. DePe alias Dewi murya Agung dan KK Dheraj dilaporkan ke Polda Metro Jaya dengan pasal berlapis, yaitu tentang pelindungan konsumen dan penipuan publik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.