Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anang-Ashanty Naik Kereta Kuda, Dewi Perssik dan Opick Menyanyi

Kompas.com - 06/07/2012, 22:02 WIB

JEMBER, KOMPAS.com -- Jumat (6/7/2012) petang, kirab dalam rangka acara ngunduh mantu pasangan artis musik Anang Hermansyah dan Ashanty digelar di Jember (Jawa Timur), kota asal Anang. Meski sebelumnya hujan turun cukup deras, arak-arakan tersebut tetap menjadi tontonan banyak orang.

Arak-arakan itu diadakan di kawasan Alun-alun Jember. Ribuan orang tampak menonton. Namun, mereka tidak bisa mendekat ke kereta kuda yang ditumpangi oleh Anang dan istrinya, karena ada pembatas di sepanjang pinggir jalan.

Kirab dimulai kira-kira pukul 17.00 WIB dari depan kantor Pemkab Jember, Jalan Sudirman. Arak-arakan tersebut menempuh jarak 200 meter menuju Pendopo Bupati Wahyabibawagraha. Tidak sesuai dengan rencana, kedua anak Anang, Aurel dan Azriel, tak ikut naik kereta yang ditumpangi oleh ayah mereka dan Ashanty. Keduanya hanya menunggu di depan Pendopo Bupati Wahyawibawagraha.

Bagian terdepan kirab tersebut diisi oleh para peraga busana dari Jember Fashion Carnaval (JFC). Di belakang mereka ada grup hadrah. Setelahnya, baru Anang dan Ashanty menyapa dari atas kereta yang sudah dihiasi. Mereka dikawal oleh puluhan pesilat dari Persatuan Pencak Silat Seluruh Indonesia Cabang Jember.

Keluarga besar Anang mengiring. Mereka diikuti oleh para penari dari Sanggar Tari Sotalisa, yang menyajikan tari Batik Jember. Musik patrol menutup arak-arakan itu.

Anang dan Ashanty, usai disambut Bupati Jember, MZA Djalal, bersama istrinya, Ny Sriwahyuni Djalal, melambaikan tangan kepada para warga sambil diiringi Tari Batik Jember. Ashanty berkebaya hijau dan kain batik bermotif tembakau khas Jember. Anang mengenakan beskap putih gading dan udeng dari batik bermotif tembakau. Sementara itu, Aurel mengenakan kebaya hijau dan kain batik bermotif tembakau, sedangkan Azriel mengenakan pakaian yang sama dengan busana Anang, tapi tanpa udeng.

Usai kirab, area di depan pendopo dikosongkan dari para warga. Hanya mereka yang diundang yang bisa masuk ke pendopo. Kira-kira 500 orang mendapat kesempatan untuk menghadiri acara ngunduh mantu tersebut.

Para warga yang ingin melihat acara itu, hanya bisa menonton di layar lebar yang disediakan oleh penyelenggara acara itu. Mereka berkerumun di depan Masjid Jami Al-Baitul Amien.

Sesudah acara ngunduh mantu tersebut berakhir, konser Artis Pulang Kampung digelar di Alun-alun Jember dengan menghadirkan, antara lain, Dewi Persik dan Opick. (Sri Wahyunik)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com