Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cruise dan Holmes Capai Kesepakatan

Kompas.com - 10/07/2012, 12:23 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Tom Cruise dan Katie Holmes telah mencapai kesepakatan untuk menyelesaikan perceraian mereka di luar sidang, seperti disampaikan oleh perwakilan kedua bintang tersebut.

"Kasus ini sudah usai dan kesepakatan telah ditandatangani," kata pengacara Holmes, Jonathan Wolfe, dalam pernyataan yang dikirimkan pada majalah People. "Kami ikut bahagia untuk Katie dan keluarganya," tambahnya.

Seorang juru bicara untuk Cruise mengonfirmasi perjanjian itu dalam email pada kantor berita Reuters, "Perceraian sudah selesai."

Dalam pernyataan bersama yang dirilis Senin (9/7/2012) Cruise dan Holmes mengatakan mereka "bekerja sama" untuk mencapai kesepakatan mengenai hak asuh anak perempuan tunggal mereka, Suri (6). "Kami berkomitmen untuk bekerja sama sebagai orangtua untuk memberikan yang terbaik bagi anak perempuan kami, Suri," kata pernyataan itu.

"Kami ingin agar hal-hal yang berdampak pada keluarga kami sebagai hal yang bersifat pribadi dan menunjukkan rasa hormat kami pada komitmen satu sama lain pada kepercayaan kami masing-masing dan mendukung peran satu sama lain sebagai orangtua."

Perceraian itu menimbulkan spekulasi di media Hollywood bahwa pasangan itu bercerai karena perbedaan pendapat terhadap ide untuk membesarkan Suri sebagai seorang penganut Scientology, aliran keagamaan yang dipeluk Cruise.

Tim pengacara Holmes dan Cruise menolak mengomentari rumor ini.

Seorang pengacara Gereja Scientology pekan lalu menyangkal bahwa Cruise ingin Suri bergabung dengan Sea Organization, yang kerap disebut sebagai sayap militer organisasi agama itu.

Perceraian keduanya terungkap bulan lalu, setelah Holmes (33) mendaftarkan perceraian di pengadilan kota New York, tempat ia dan Suri bermukim selama dua tahun terakhir.

Ini adalah pernikahan pertama Holmes dan ketiga bagi Cruise. Aktor dengan bayaran termahal di Hollywood itu sebelumnya menikahi aktris Mimi Rogers dan Nicole Kidman, keduanya berakhir dengan perceraian. Cruise mengadopsi dua anak saat menjalin hubungan dengan Kidman.

Cruise juga pernah memiliki hubungan asmara selama tiga tahun dengan aktris Spanyol Penelope Cruz.

Paul Talbert, pakar hukum keluarga, mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa bagi pasangan yang demikian terkenal, kesepakatan perceraian itu tercapai dengan sangat cepat. "Sangat jarang kasus perceraian seperti ini selesai dalam waktu 10 hari. Jelas bahwa salah satu atau keduanya sangat termotivasi," kata Talbert.

"Tidak ada yang diuntungkan dengan perang publik, dan mereka jelas adalah orangtua yang sangat mengerti bahwa Suri akan dirugikan jika perceraian itu dilakukan secara publik."

Lamaran di Eiffel

Perceraian itu mengakhiri hubungan yang dimulai dengan demonstrasi kasih sayang yang sangat publik.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com