Bondan F2B Siapkan "Tak Sempurna"

Kompas.com - 12/07/2012, 14:15 WIB
EditorPepih Nugraha

JAKARTA, KOMPAS.com- Bulan Ramadhan sudah di depan mata, grup musik maupun vokalis solo ramai-ramai menelurkan single religi untuk menghangatkan suasana. Begitu pula dengan grup Bondan & Fade 2 Black (Bondan F2B), yang beranggotakan Bondan Prakoso alias Mr B (bas dan vokal) bersama trio rapper Santoz, Lezano, dan Titz, mereka menyiapkan "Tak Sempurna" untuk Ramadhan.

"Single kedua dari album baru Respect & Unity For All akan masuk. Judulnya 'Tak Sempurna'," kata Bondan dalam wawancara dengan Kompas.com di Studio Orange, Kompas TV, Jakarta Pusat, Rabu (11/7/2012).

Seutuhnya lagu "Tak Sempurna" bukanlah lagu religi pada umumnya. "Lagunya memang agak ballad, enggak ingar bingar banget, jadi harusnya bisa nempel di segala acara (Ramadhan). Apalagi judulnya 'Tak Sempurna', masih ada benang merahnya lah (dengan religi)," kupas Bondan.

Untuk mencipta single khusus religi, Bondan tak perlu selalu berorientasi kepada bahasa lirik ketuhanan. "Enggak, gue enggak berpikir ke arah situ, ke religi yang industri. Kami secara religi enggak perlu menyebut (lirik) secara syariat atau langsung menyebut nama Tuhan. Ya, kami bicara lewat bahasa universal," paparnya.

Menurutnya, mencipta lagu dan album bernapas religi sesungguhnya memiliki tanggung jawab yang tak mudah. "Jadi, kalau lewat album religi untuk menjual sih kayaknya tidak, karena kami enggak mau menyuruh orang berbuat kebajikan tapi terus cerai atau menyuruh shalat tapi kami sendiri masih bolong-bolong. Kayaknya enggak lah. Buat gue lagu itu doa, jadi harus jujur lah. Apa yang didoakan harus positif, enggak palsu, supaya balik ke kaminya juga baik," pungkas Bondan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.