Kompas.com - 14/07/2012, 07:37 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com – Jangan pulang dulu, langsung saja “ngacir” ke bandara. Lalu pasrahkan diri pada pesawat yang akan membawa Anda ke Pulau Komodo.

Sebuah pulau eksotis yang menawarkan ketegangan bertemu binatang purba nan buas. Sampai kecantikan pantai dan keindahan bawah lautnya.

Ya, kali ini, saatnya akhir pekan di Pulau Komodo. Cukup siapkan sejak jauh hari, tiket pesawat menuju Pulau Komodo dan akomodasi di Labuan Bajo.

Pulau Komodo masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo (TNK). Sebenarnya, kawasan taman nasional ini terdiri dari beberapa pulau. Tetapi ada dua pulau yang menjadi habitat komodo, binatang purba yang masih hidup di masa kini.

Tak perlu repot membawa beragam barang untuk wisata di TNK. Cukup bawa baju ganti, baju berenang, dan sepatu atau sandal untuk trekking. Tentu jangan lupakan obat-obatan pribadi.

Boleh juga membawa perlengkapan snorkeling pribadi seperti masker, snorkel, dan kaki katak. Sisa peralatan mandi bisa Anda beli di Labuan Bajo atau tersedia di hotel tempat Anda menginap.

Pintu gerbang menuju Taman Nasional Komodo adalah melalui Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jika Anda dari Jakarta, Anda bisa naik pesawat menuju Bandara Komodo di Labuan Bajo via Bandara Ngurah Rai di Denpasar, Bali.

Saat ini, maskapai yang melayani rute Jakarta-Labuan Bajo adalah Lion Air dan Merpati dengan transit di Denpasar. Harga tiket memang lumayan mahal, kisaran Rp 3 juta pulang-pergi. Pilihan lain adalah mengambil rute melalui Denpasar menuju Labuan Bajo.

Apalagi, Bandara Komodo di Labuan Bajo tidak bisa didarati pesawat di malam hari. Oleh karena itu, penerbangan dari Jakarta menuju Labuan Bajo hanya tersedia di pagi hari.

Bagaimana menyiasatinya? Pelesir terlebih dahulu di Bali, baru keesokan harinya Anda pergi ke Pulau Komodo. Boleh saja jika Anda baru berangkat ke Pulau Komodo di Sabtu pagi hari. Namun, sensasi “kabur” dari kantor tak bisa Anda rasakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.