Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar Memasak Topokki di Koreaholic Fest 2012

Kompas.com - 15/07/2012, 16:38 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Salah satu yang menjadi pusat perhatian dalam Koreaholic Fest 2012, yang digelar pada Minggu (15/7/2012) di Tribeca Park, Central Park, Jakarta, adalah demo memasak hidangan tradisional Korea oleh beberapa juru masak profesional.

Demo memasak itu dibagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama, memasak topokki, sesi kedua cap cay, dan sesi terakhir sup bulgogi. Pada sesi pertama, wartawan diberi kesempatan untuk menyimak pembuatan makanan tradisional Korea topokki. "Topokki ini hanya semacam makanan ringan yang ada di Korea. Biasanya ada di pinggir jalan Korea. Kalau di sini disebut snack, karena bisa dimakan kapan saja dan di mana saja," jelas Erik, juru masak topokki, di Koreaholic Fest 2012.

Topokki ini terbuat dari tepung beras. Bentuknya lonjong dan jika dimakan terasa kenyal, seperti cilok dari Bandung. Sambil memasak, kepada para pengunjung juru masak bernama Aci menerangkan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat topokki. "Bahan utamanya jelas tepung beras. Tapi, untuk hari ini kami menggunakan topokki yang sudah jadi, tinggal diramu dengan bumbu saja. Masak air hingga mendidih, lalu masukkan topokki, cabe pasta, gula, dan bawang putih. Jika mau lebih pedas, tinggal ditambah cabe bubuk. Untuk menambah rasa, dapat dimasukkan sayuran kol, wortel, bawang bombay, daun bawang. Semua tergantung selera," ucapnya.

Diterangkan pula oleh Aci, saat ini topokki memiliki bentuk yang beragam dan berisi pula. "Ada yang kecil, bulat, sampai yang berbentuk bintang. Kalau buat isinya, bermacam-macam, dari keju, daging, dan banyak lagi variasi lainnya," ucapnya lagi.

Berbeda dengan topokki, yang merupakan makanan ringan, bulgogi merupakan hidangan yang biasa disuguhkan pada perayaan khusus di Korea, misalnya perayaan ulang tahun atau kenaikan pangkat. "Bulgogi ini bahan utamanya adalah daging sapi. Biasanya, di Korea, masakan yang berbahan dasar daging itu dinikmati oleh kalangan menengah ke atas. Kalau di Jepang, bulgogi ini seperti beef yakiniku. Namun, rasa bulgogi ini perpaduan manis dan asin," kata Erik kepada Kompas.com.

Koreaholic Fest 2012 merupakan festival yang diselenggarakan oleh Corporate Advertising Kompas Gramedia bekerja sama dengan Kompas, Kompas.com, Motion Radio, Majalah Kawanku, dan Mall Central Park. Festival itu digelar pada pukul 10.00-22.00 WIB. Selain demo memasak hidangan tradisional Korea, banyak acara menarik lainnya dalam festival tersebut, antara lain K-pop Cover Dance Competition, Best Fandom Competition, Korean Star Look Alike Contest, dan pertunjukan boyband SM*SH.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com