Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Melulu K-pop yang Jadi Buruan

Kompas.com - 25/07/2012, 17:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Setelah pop Melayu perlahan-lahan menyurut, giliran K-pop yang naik daun di Tanah Air. Ketika K-pop akhirnya memberi kesan seragam pada produk industri musik Indonesia, ada lima perusahaan rekaman atau label rekaman yang justru mencari sesuatu yang lain.

Lima perusahaan rekaman itu adalah lfa Records, Aquarius Musikindo, E-Motion, Seven Music, dan Warner Music Indonesia. Mereka sibuk menjelajah ke berbagai daerah untuk menemukan warna musik yang lain melalui LA Lights Meet the Labels 2012, ajang pencarian band, penyanyi solo, dan duo berbakat untuk unjuk gigi dan meraih mimpi masuk rekaman.

Dari seleksi di tujuh kota penyelenggaraan, baru seleksi di tiga kota yang dijalankan, yaitu Surabaya (9 Juni 2012), Yogyakarta (23 Juni 2012), dan Banjarmasin (7 Juli 2012). Di tiga kota tersebut, jumlah pesertanya 300 lebih band, penyanyi solo, dan duo. "Dari tiga kota penyelenggaraan Meet the Labels yang telah digelar, para peserta yang mengikuti audisi ini sangat bervariasi dari sisi genre, sementara dari sisi kreativitas menunjukkan kemampuan bermusik yang bagus pada saat live audition," terang Brand Manager LA Lights, Maya Shintawati, dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (24/7/2012).

Warna musik di luar K-pop ditemukan dalam seleksi di tiga kota tersebut. "Memang musik sekarang cenderung seragam dengan (adanya) K-pop. Tapi, kami mencari yang unik dengan warna baru. Hal ini biasanya ditandai dengan jam terbang yang sudah tinggi, teknik penguasaan vokal maupun alat musik, dan juga penampilan. Terkadang, walaupun materi lagu sudah bagus, kesiapan mental tampil masih kurang, maka belum bisa terpilih," jelas A&R Manager Warner Music, Arie Legowo.

Dalam seleksi itu, dengan pemunculan warna musik lain, kadang antarperusahaan rekaman itu berebut. "Kadang malah jadi rebutan. Tapi, bisa lah dibicarakan lagi. Ini adalah ajang audisi bagi para musisi bertalenta yang unik dan seru. Jadi, tunjukin kualitas performance dan originalitas, sehingga ajang ini merupakan kesempatan emas bagi berbagai format serta berbagai genre musik untuk unjuk gigi," papar Iqbal Siregar dari E-Motion.

Seleksi di tiga kota itu akan diikuti oleh seleksi di empat kota lainnya, yaitu Medan (1 September 2012), Balikpapan (15 September 2012), Bali (22 Sept 2012), dan Pontianak (6 Oktober 2012). Ujungnya, pada awal Desember 2012 akan diumumkan 10 pemenang favorit pilihan kelima perusahaan rekaman tersebut.   

Selain itu, di setiap dari tujuh kota itu dipilih satu atau dua peserta berupa band, penyanyi solo, atau duo untuk tampil bersama band-band yang sudah dikenal dalam industri musik Tanah Air. Mereka beraksi di panggung Expression dalam ajang tersebut.

Di Surabaya, dua peserta terpilih, Firman & Dimas serta Jhagad, tampil bareng band Drew; di Yogyakarta, Doni Suwung beraksi dengan Drew; dan di Banjarmasin, Nanda Talaseta bergabung dengan The Titans.

Tertarik menjadi menjadi band, penyanyi solo, atau duo terkenal di jagat musik Indonesia? Silakan kirim CD demo ke PO BOX 1502 JKS 12015 atau upload video ke situs LA Lights (www.la-lights.com) atau serahkan CD demo ke radio partner dan pihak partner lainnya di tiap daerah yang telah ditunjuk oleh penyelenggara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com