Kompas.com - 25/07/2012, 17:57 WIB
Penulis Tabita Diela
|
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

LONDON, KOMPAS.com — Inggris telah merencanakan menambah 1.200 prajurit untuk mengisi kekurangan tenaga penjaga dalam Olimpiade London 2012. Penyebaran tentara sebagai pengaman olimpiade ini diumumkan Selasa (24/7/2012), hanya tiga hari menjelang upacara pembukaan. Jumlah total tentara tambahan yang ikut mengamankan acara ini kini berjumlah 4.700 orang.

Sebelumnya, perusahaan pengaman swasta G4S telah gagal menepati janjinya untuk menyediakan 10.000 tenaga pengaman. Sekretaris Negara untuk Kebudayaan Jeremy Hunt mengatakan, jumlah tenaga yang akan disediakan oleh G4S "akan terus bertambah banyak", tetapi pihak kementerian mengatakan "tidak akan memberikan kesempatan" kepada perusahaan tersebut.

Total ada 18.200 tentara yang kini turut menjaga 10.500 atlet yang akan bertanding dalam Olimpiade London 2012. Mereka bekerja sama dengan ribuan pengaman dari swasta dan polisi.

Di sisi lain, pihak penyelenggara Olimpiade London tengah berjuang keras untuk menjaga kerahasiaan detail upacara pembukaan olimpiade yang digarap oleh sutradara "Slumdog Millionaire" Danny Boyle. Foto-foto yang diambil dari sesi latihan upacara pembukaan ini bocor melalui jejaring sosial.

Puluhan ribu orang mendatangi latihan teknis pada hari Senin (23/7/2012). Latihan ini merupakan satu dari rangkaian geladi bersih menyambut upacara pembukaan hari Jumat (27/7/2012) mendatang.

Boyle telah memohon kepada para penonton untuk tidak membocorkan detail mengenai acara ini. Hashtag atau tanda pagar yang beredar di Twitter berbunyi savethesurprise terpampang di layar raksasa di dalam stadium.

Boyle dan tim kreatifnya telah mencoba melakukan yang terbaik demi menjaga kerahasiaan upacara pembukaan Olimpiade London 2012.

Pihak penyelenggara telah membeberkan bahwa acara ini akan menampilkan pemandangan Inggris yang mengagumkan, hewan-hewan, dan juga penghormatan kepada Jasa Kesehatan Nasional Inggris. Kabarnya, sebuah tempat tidur rumah sakit raksasa akan ikut hadir dalam acara itu.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.