Kompas.com - 25/07/2012, 21:43 WIB
|
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

LONDON, KOMPAS.com - Upacara pembukaan Olimpiade tinggal menghitung hari lagi, karena akan dilakukan Jumat (27/7/2012). Meski pembawa obor masih dirahasiakan, namun akan ada "alat rahasia" yang bakal digunakan oleh tim penyelenggara saat upacara pembukaan nanti.

"Upacara pembukaan Olimpiade akan dikendalikan dengan 'alat rahasia' untuk memastikan mereka tidak menunda pawai," kata seorang sumber dari Komite Olimpiade Internasional (IOC), Selasa (24/7/2012). Beberapa ribu atlet yang mewakili 204 negara akan membuat 4 barisan di bawah bendera Olimpiade.

"Saat itu mereka akan berjalan dengan kecepatan yang sama dengan bantuan sebuah alat," kata Gilbert Felli, Direktur Eksekutif IOC kepada wartawan.

Sebelumnya, anggota IOC lainnya, Richard Pound, mengatakan bahwa cara para atlet mengambil gambar, video dan mengirim pesan selama parade tim Olimpiade akan menunda proses.

"Kami telah bekerja cukup keras...dan kami sangat membatasi yang bisa berpartisipasi dan yang sudah berlatih untuk mewujudkannya," kata Felli.

"Kami akan berusaha untuk mempercepat perjalanan barisan dan mereka yang memainkan permainan dan yang menjalankan pertandingan dan kami akan mengenakan sanksi bagi mereka yang mengambil gambar. Kami memiliki alat rahasia. Kalian akan melihatnya, ini rahasia dan aku belum bisa memberi tahunya sekarang," lanjut Felli.

Dia mengatakan rincian prosedur parade akan diberikan kepada ketua masing-masing tim pada sebuah pertemuan yang dilaksanakan hari ini, Rabu (25/7). Pada latihan Senin malam, sutradara peraih Oscar, Danny Boyle, meminta sekitar 30.000 penonton untuk tidak mengirimkan foto maupun keterangan mengenai acara tersebut di jejaring sosial.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.